SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Sistem Kopling Manual Kelas X Ototronik SMK Negeri 1 Singosari Malang.

deny arisandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Arisandi, D.D. 2011. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Sistem Kopling Manual Kelas X Ototronik SMK Negeri 1 Singosari Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd, (II) Drs. H. Darmadji AS., M.Pd.

 

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation, Prestasi Belajar Siswa

Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan diperlukan adanya pembaharuan dalam bidang pendidikan, terutama dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan efektifitas metode pembelajaran. Saat ini, pembelajaran inovatif yang mampu membawa perubahan belajar bagi siswa telah menjadi suatu hal yang wajib bagi guru. Dalam memilih metode pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisi siswa, sifat materi bahan ajar, fasilitas dan media yang tersedia serta kondisi guru itu sendiri. Salah satu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam pada mata diklat sistem kopling manual adalah model pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Jadi, sesuai dengan pernyataan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar sistem kopling manual siswa kelas X Ototronik SMK Negeri 1 Singosari Malang setelah mendapatkan pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan metode konvensional.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (quasy eksperiment), sebab penelitian ini menggunakan dua kelompok, satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelompok yang dalam proses pembelajaran menggunakan metode Group Investigation, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang dalam proses pembelajaran menggunakan metode konvensional. Dengan satu variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ototronik SMK Negeri 1 Singosari Malang tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari dua kelas, yaitu: kelas X OTR 1 (32 siswa) dan kelas X OTR 2 (31 siswa).

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa metode pembelajaran kooperatif Group Investigation berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan yaitu 85, sedangkan rata-rata prestasi belajar kelompok kontrol setelah diberi perlakuan yaitu 73,33. Dari tes prestasi belajar tersebut dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan prestasi belajar siswa yang iajar dengan menggunakan metode kooperatif Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar menggunakan metode konvensional karena adanya perbedaan perlakuan pembelajaran antara siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: 1) guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar, 2) siswa hendaknya lebih berperan aktif dalam pembelajaran kooperatif Group Investigation sehingga prestasi belajar dapat tercapai, 3) bagi lembaga pendidikan dan instansi yang terkait disarankan untuk mensosialisasikan pembelajaran Group Investigation dalam pelatihan dan penataran untuk meningkatkan prestasi belajar, 4) bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation ini untuk dapat menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta dengan materi yang berbeda agar mendapatkan data yang lebih baik.