SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Minat Mermbac Dengan Hasil Belajar Dasar Motor Diesel Pada Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Motor Diesel Siswa Kelas X Teknik Ototronik SMK N 1 Singosari

Ahmad Zakki Su'idi

Abstrak


ABSTRAK

 

Su’aidi, Ahmad, Zakki. 2011. Hubungan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Dasar Motor Diesel Pada Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Motor Diesel Siswa Kelas X Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Singosari, Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Darmadji AS., M.Pd., (2) Drs. Agus Sholah., M.Pd.,

 

Kata kunci

Minat adalah kecenderungan akan tingkah laku seseorang karena tertarik dengan sesuatu atau kegiatan tertentu. Rasa tertarik ini dapat mendorong seseorang tersebut untuk menaruh perhatian ataupun usaha untuk mendapatkan objek atau hal yang sesuai dengan minatnya. Minat menambah kegembiraan pada setiap kegiatan yang ditekuni seseorang. Jika tanpa sebuah minat, maka yang muncul hanya kebosanan terhadap kegiatan tersebut atau hanya akan berusaha seperlunya saja. Jika dalam sebuah kegiatan pembelajaran, seseorang siswa melakukannya dengan minat yang tinggi maka dapat diindikasikan akan memperoleh hasil belajar terbaiknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki minat membaca tinggi dengan siswa yang memiliki minat membaca rendah pada materi Dasar Motor Diesel.

Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk menguji hubungan antara minat membaca dengan hasil belajar. populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program studi teknik ototronik SMKN 1 Singosari dengan jumlah total 133 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah 30 siswa Data hasil belajar diperoleh melalui laporan hasil belajar siswa (raport). Sedang tingkatan minat membaca diketahui melalui instrumen penelitian yang diberikan kepada subjek penelitian. Analisis korelasional akan digunakan untuk menjawab hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa dengan tingkat minat membaca tinggi adalah lebih baik dibanding hasil belajar siswa yang memiliki tingkat minat membaca rendah, hal ini dibuktikan dengan rerata hasil belajar siswa dengan minat membaca tinggi yaitu 86,16. Sedang rerata hasil belajar siswa dengan minat membaca rendah hanya 80,56. (2) terdapat hubungan yang positif antara minat membaca dengan hasil belajar Dasar Motor Diesel Pada mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Motor Diesel.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) pentingnya menumbuhkan minat membaca pada setiap siswa harus diupayakan oleh guru dan sekolah, agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik karena bertambahnya pengetahuan akibat membaca. (2) wali murid atau orang tua diharapkan dapat menanamkan kebiasaan dan kesadaran akan pentingnya membaca pada anak sejak usia dini. (3) diperlukan dukungan dari pemerintah melalui perpustakaan umum maupun perputakaan sekolah untuk menyadarkan kepada masyarakat akan pentingnya membaca melalui berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan budaya membaca pada masyarakat.

 

ABSTRACT

 

Su’aidi, Ahmad, Zakki. 2011. The relation between reading interest and the result of learning the basic diesel’s engine in diesel motor fuel system subject of the fist year students of Ototronik engineering in SMK N 1 Singosari , Skripsi, Major in Educational Otomotive Engineering Department Of Mechanical Enginering, Faculty of Engineering, State University Of Malang. Supervisor (1)Drs. Darmadji AS., M.Pd., (2) Drs. Agus Sholah., M.Pd.,

 

Key word

Interest is someone’s behavior to tend to something because they interested to something or some activities. This feeling able to encourage someone to pay intentions or put a lot of efforts to get the object or something related with their interests. When they have no interest, the only things appear only boredom to these activities and just do as necessary. When student followed the learning activities with a high interest then it can be indicated that they will got their best learning outcomes.

This research aims to find differences of learning outcomes between students of vocational school who have the high reading interests with students who have less interest in basic diesel’s engine subject.

This Research’s method is quantitative approach, which aims to examine the relation between reading interests and learning outcomes. The study population of this research is 133 First Year students of ototronik department in SMKN 1 Singosari. Learning outcome data obtain from students progress report (raport), while the level of reading interest known through the research instrument that was given to research subject.

The research result showed that (1) the learning outcomes from students who has the high reading interest better than the learning result of student who has less reading interest, this is proven by the average value of student’s learning outcomes of the student who has high reading interest, that is 86.16. While the average value of the student who has less readng interest is 80.56. (2) There is positif relation between reading interest and result of learning the basic diesel’s engine in diesel motor fuel system subject.

The conclusion of this research is (1) the importance to grow the reading interest for each student should be sought, for a better learning outcomes of the students because by reading, can increase student’s knowledge. (2) Parents are expected to inculcate the habits and awareness of the importance of reading to their children at an early age. (3) the Government support is needed through the public libraries and the school libraries to make people aware about the importance of reading through various activities that can increase the reading culture of the peoples.