SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hambatan-hambatan belajar mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif angkatan 2006 jurusan teknik mesin fakultas teknik universitas negeri malang

Hendrik Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Hendrik. 2011 Hambatan-hambatan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif angakatan 2006 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang . Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sunomo, M.Pd, (II) Drs. H. Wakidi.

 

Kata kunci Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) bagi mahasiswa: berdasarkan hasil penelitian, kesehatan fisik, kebiasaan belajar dan organisasi masuk dalam kategori cukup menghambat belajar mahasiswa maka dari itu hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi mahasiswa jurusan teknik mesin khususnya program Studi Pendidikan Teknik Otomorif sehingga tepat dalam menyelesaikan studinya, antara lain dengan cara memperhatikan kesehatan fisik, memperbaiki kebiasaan belajar dan manage/mengurangi kegiatan; (2) bagi jurusan: berdasarkan hasil penelitian, fasilitas perkuliahan mendekati kategori cukup menghambat belajar mahasiswa maka dari itu hendaknya jurusan menambah sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar, misalnya menambah koleksi buku-buku perpustakaan mengenai otomotif; (3) bagi Universitas Negeri Malang: mengingat besarnya peranan buku-buku literatur terhadap kesuksesan studi mahasiswa disarankan kepada pihak universitas untuk memperbanyak koleksi buku-buku perpustakaan terutama buku-buku otomotif; (4) bagi peneliti selanjutnya: mengingat sempitnya ruang lingkup penelitian baik populasi, variabel penelitian atau indikator-indikator yang diteliti disarankan kepada pihak peneliti lain yang tertarik pada masalah yang sama untuk memperluas ruang lingkup penelitian. : Hambatan belajar mahasiswa Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran nyata tentang hambatan-hambatan belajar mahasiswa dalam memempuh perkuliahan di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut maka rancangan penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif karena penelitian akan dinyatakan dalam bentuk angka-angka dan dianalisis dengan teknik statistik serta didiskripsikan untuk memperoleh informasi atau gambaran yang jelas mengenai hambatan-hambatan yang dialami oleh mahasiswa selama penelitian ini berlangsung. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat 3 indikator yang menghambat belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2006 yaitu: (1) Indikator kebiasaan belajar dengan nilai rata-rata 2,29 masuk dalam kategori cukup menghambat belajar mahasiswa; (2) Indikator organisasi dengan nilai rata-rata 2,65 masuk dalam kategori cukup menghambat belajar mahasiswa; (3) Indikator masalah kesehatan dengan nilai rata-rata 3,00 masuk dalam kategori cukup menghambat belajar mahasiswa.