SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Karburator Sepeda Motor untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMK PGRI 3 Malang

Toni Heru Sasmito

Abstrak


ABSTRAK

 

Sasmito, Toni, Heru. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Karburator Sepeda Motor untuk  Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMK PGRI 3 Malang.Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Program studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Marji, M.Kes (II) Drs. H. Paryono, S.T., M.T.

 

Kata Kunci:Pengembangan,  Media Pembelajaran , Macromedia Flash,    Peningkatan prestasi belajar.

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Perubahan kurikulum merupakan dinamika dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Pada kurikulum yang telah diperbarui media pembelajaran sudah digunakan, yaitu pada umumnya pengajar menggunakan powerpoint sebagai media, namun media tersebut belum mencapai maksimal karena kurangnya visualisasi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media agar tujuan belajar tercapai.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media dengan tingkat visualisasi tinggi menggunakan macromedia flash yang layak digunakan pada kurikulum sekarang, dan mampu meningkatkat prestasi belajar. Pada penelitian ini media yang dikembangkan terbatas pada materi karburator sepeda motor untuk siswa kelas X  jurusan mekanik sepeda motor di SMK PGRI 3 Malang.

Model penelitian berupa pengembangan yang bersifat deskriptif dengan menggariskan langkah-langkah yang diikuti untuk menghasilkan produk berupa CD interaktif dengan langkah pembuatannya meliputi (1) identifikasi kebutuhan, (2) perumusan tujuan, (3) pengembangan materi, (4) pengembangan alat evaluasi, (5) menyusun naskah, (6) produksi, (7) petunjuk pemanfaatan, (8) validasi, dan (9) revisi. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari media yang dikembangkan, peneliti melihat dari meningkat atau tidaknya prestasi belajar siswa setalah belajar menggunakan media yang dikembangkan.

Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Karburator Sepeda Motor  berbentuk compact disc (CD). Hasil dari uji kelayakan menyatakan media tersebut mendapatkan rata-rata penilaian 83,51% dengan kriteria layak. Tidak berhenti hanya pada uji kelayakan, tetapi media yang telah dikembangkan juga dilakukan uji kualitas. Uji kualitas yang diharapkan yaitu dengan adanya media ini, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Untuk melihat adanya peningkatan prestasi belajar dilakukan dengan pemberian tes kepada kelas dengan media yang dikembangkan dan kelas dengan media lama yang selanjutnya hasil dari kedua kelas dibandingkan. Peningkatan hasil belajar dilihat dari kelompok dengan motivasi tinggi dan kelompok dengan motivasi rendah. Hasil dari kedua kelompok menyatakan bahwa media tersebut membantu peningkatan prestasi belajar siswa.Diharapkan media yang dikembangkan selanjutnya tidak terbatas pada materi karburator dan dapat meningkatkan prestasi belajar di SMK lain.