SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sebagai Bahan Ajar Guru Program Produktif di SMK se-Kota Sidoarjo

Anggara Sukma Ardiyanta

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardiyanta, Anggara Sukma. 2011. Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik sebagai Bahan Ajar Guru  Program Produktif di SMK se-Kota Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin,  Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd,  (II) Drs. Partono, M.Pd

 

Kata Kunci: pemanfaatan BSE, bahan ajar guru program produktif,  Sidoarjo.

Guru selaku pendidik menggunakan sumber bahan ajar untuk menyampaikan materi di dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu sumber bahan ajar adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pemanfaatan BSE sebagai sumber bahan ajar guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pemanfaatan BSE sebagai bahan ajar guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo, 2) untuk mengetahui berbagai kendala yang dialami guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo dalam memanfaatkan BSE.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian secara dekriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo. Jumlah populasi sebanyak 164 orang. Sampel diambil sebesar 30% dan secara proporsional. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket dan disampaikan secara langsung. Angket ini terdiri dari 13 butir. Uji validitas instrumen menggunakan pendapat ahli ( judgement expert) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Hoyt.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (64,00%) guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo sudah mengetahui dan memanfaatkan BSE dalam kegiatan pembelajaran, (20,00%) guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo sudah mengetahui keberadaan BSE tetapi belum memanfaatkan BSE dalam kegiatan pembelajaran; (16,00%) guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo tidak mengetahui dan belum memanfaatkan BSE dalam kegiatan pembelajaran. Di dalam kegiatan pembelajaran; (25,00%) guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo memanfaatkan BSE sebagai bahan ajar utama; (20,00%) guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo memanfaatkan BSE sebagai bahan tugas terstruktur; (25,00%) guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo memanfaatkan BSE sebagai bahan tugas mandiri; (25,00%) guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo memanfaatkan BSE sebagai bahan pengayaan. Kendala yang dialami guru program produktif di SMK se-kota Sidoarjo dalam pemanfaatan BSE adalah (47,00%) disebabkan karena terbatasnya jumlah Buku Sekolah Elektronik (BSE), (20,00%) disebabkan karena lambatnya akses web Buku Sekolah Elektronik (BSE), dan (12,00%) disebabkan karena belum tersedianya perangkat akses internet.