SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ADOPSI TEKNIK PENGECORAN ALUMINIUM DI DESA

PRESTA EKO AGUS SETIAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan Presta Eko Agus, 2011. Adopsi Teknik Pengecoran Alumunium Di Desa Mayangan Kab. Pasuruan Untuk Pengembangan Perkuliahan Pengecoran Logam Di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono, M.Pd., (II) Drs. H. Suwarno, M.Pd.

 

Kata kunci : pengecoran, logam, aluminium.

Pengecoran parts dengan bentuk yang mendekati bentuk geometri akhir produk jadi. Sedangkan pengecoran logam adalah salah satu teknik pembuatan produk dimana logam dicairkan dalam tungku peleburan kemudian di tuangkan kedalam rongga cetakan yang serupa dengan bentuk asli dari produk cor yang akan dibuat. Pengecoran logam sudah dilakukan sejak Zaman Batu.

Penelitian ini dilakukan di Desa Mayangan Pasuruan dan di Universitas Negeri Malang. Waktu penelitian dalam seminggu melakukan penelitian dua kali di Desa Mayangan Pasuruan dan 1 hari melakukan penelitian di Universitas Negeri Malang. Adapun teknik pengumpulan data dengan praktikum dan tanya langsung kepada narasumber.

Hasil penelitian yang telah di lakukan adalah sebagai berikut: a) Kualitaskualitas pengecoran alumunium di Desa Mayangan sudah masuk dalam kategori baik karena hasil pengecoran alumunium ini mempunyai pasaran nasional diantaranya adalah Jakarta dan Surabaya. Sedangkan kualitas pengecoran alumunium pada mata kuliah praktikum di Universitas negeri Malang sebagai pembelajaran bagi mahasiswa yang melakukan praktek pengecoran logam dan kualitasnya cukup bagus dan dapat juga di katakana relatif. Karena mahasiswa yang melakukan praktikum memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Selain itu juga memperkenalkan pengecoran menggunakan cetakan permanen yang dipinjam dari Desa Mayangan kepada mahasiswa yang sedang melakukan praktik pengecocan logam. b) Secara garis besar tahap-tahap pengecoran alumunium di Desa Mayangan adalah sebagai berikut: 1. Peleburan logam alumunium di dalam tungku, 2. Penuangan ke dalam matras / cetakan, 3. Finishing.

Saran yang dapat dikemukakan sehubung dengan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: a) untuk Pihak Universitas Negeri Malang khususnya jurusan Teknik Mesin menyediakan fasilitas pengecoran yang lebih lengkap seperti penyediaan alat cetakan permanen agar ilmu dan pengaplikasian pengecoran sesuai dengan kehidupan nyata. b) Untuk Peneliti selanjutnya diharapkan mencari faktor-faktor dan sumber yang lebih mendalam dan detail yang berhubungan dengan pengecoran sebagai perluasan materi terhadap penelitian sebelumnya. adalah suatu proses manufaktur yang menggunakan logam cair dan cetakan untuk menghasilkan