SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KORELASI PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU PPL JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK PU MALANG

ali hasbi ramadani

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasbi, Ali. 2011. Korelasi Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mengajar Guru PPL Jurusan Teknik Mesin FT UM dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK PU Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Mustaman, M.Pd.. (2) Drs. H. Yoto, S.T.,  M.Pd., M.M.

 

Kata kunci: persepsi siswa, kemampuan mengajar guru PPL, motivasi belajar, SMK

 

persepsi merupakan suatu proses bagaimana seseorang menyeleksi, mengatur dan menginterpretasikan masukan-masukan informasi dan pengalaman-pengalaman yang ada dan kemudian menafsirkannya untuk menciptakan keseluruhan gambaran yang berarti, sehingga persepsi ini dapat dijadikan media sebagai pengumpulan informasi. Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru mempunyai hubungan yang sangat erat terhadap motivasi belajarnya. Adapun kemampuan mengajar guru yang dipersepsikan oleh siswa dilihat dari: Keterampilan membuka menutup pelajaran, Keterampilan menjelaskan materi,  Keterampilan bertanya, Keterampilan memberi penguatan,  Keterampilan mengadakan variasi, serta Keterampilan mengelola kelas. Jika kemampuan mengajar guru baik maka motivasi belajar siswa yang diajarnya juga baik/tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru PPL Teknik Mesin FT UM di SMK PU Malang,  serta mendiskripsikan seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa kelas X, setra mendiskripsikan korelasi antara kemampuan mengajar guru PPL Teknik Mesin  FT UM dengan motivasi belajar siswa kelas X SMK PU Malang..

Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK PU Malang yang diajari oleh mahasiswa PPL Jurusan Teknik Mesin FT UM yang berjumlah 62 orang. Dalam hal ini siswa menilai kemampuan mengajar setiap guru PPL Jurusan Teknik Mesin FT UM yang berjumlah 12 orang.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang berisi 46 pertanyaan, pertanyaan tentang kemampuan mengajar guru PPL Jurusan Teknik Mesin FT UM sebanyak 26 butir, setra pertanyaan tentang Motivasi Belajar siswa kelas X SMK PU sebanyak 20 butir.

 Dalam penelitian ini digunakan metode korelasional yaitu penelitian yang bertujuan menemukan ada tidaknya suatu hubungan tentang variabel-variabel yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru PPL jurusan Teknik Mesin FT UM masuk kategori baik, dan tingkat motivasi belajar siswa kelas X SMK PU Malang tergolong tinggi. Dan setelah dianalisis setiap guru, ternyata tidak semua mempunyai korelasi yaitu sebanyak 3 guru, sedangkan jika dianalisis secara menyeluruh didapat korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru PPL dan motivasi belajar siswa.