SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

korelasi prestasi belajar mata diklat perbaikan motor otomotif dan prestasi belajar mata diklat kewirausahaan dengan minat berwirausaha di bidang otomotif program keahlian teknik kendaraan ringan SMK negeri 6 malang

eko wahyu hidayat

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayat, Eko Wahyu. 2011. Korelasi Prestasi Belajar Mata Diklat Perbaikan Motor Otomotif dan Prestasi Belajar Mata Diklat Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha di Bidang Otomotif Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Wakidi ; (2) Drs. Eddy Rudiyanto, M.Pd.

 

 

Kata Kunci:   korelasi, prestasi belajar mata diklat perbaikan motor otomotif, prestasi belajar mata diklat kewirausahaan, minat berwirausaha di bidang otomotif.

Salah satu upaya yang dilakukan SMK Negeri 6 Malang dalam meningkatkan kualitas lulusan khususnya calon wirausaha adalah salah satunya melalui mata diklat kewirausahaan dan mata diklat perbaikan motor otomotif. Mata diklat kewirausahaan merupakan mata diklat yang bertujuan untuk memberikan landasan ilmu dan keterampilan tertentu, sedangkan mata diklat perbaikan motor otomotif merupakan kelompok mata diklat yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan dan positif secara simultan antara prestasi mata diklat perbaikan motor otomotif dan prestasi mata diklat kewirausahaan dengan minat berwirausaha di bidang otomotif program keahlian teknik kendaraan ringan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan subjek penelitian siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan pada semester genap 2010/ 2011 di SMK Negeri 6 Malang yang berjumlah 273 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian sampel yang meneliti 40 subyek penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa 1) hasil analisis thitung untuk prestasi belajar mata diklat perbaikan motor otomotif dengan minat berwirausaha di bidang otomotif sebesar 4,153 dengan signifikansi t sebesar 0,000; 2) hasil analisis thitung untuk prestasi belajar mata diklat kewirausahaan dengan minat berwirausaha di bidang otomotif sebesar 6,697 dengan signifikansi t sebesar 0,000; dan 3) hasil analisis Fhitung untuk prestasi belajar mata diklat perbaikan motor otomotif dan prestasi belajar mata diklat kewirausahaan dengan minat berwirausaha di bidang otomotif sebesar 44,756 dengan probabilitas atau signifikansi 0,000 dengan nilai R Square 0,708. Hal ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar mata diklat perbaikan motor otomotif dan prestasi belajar mata diklat kewirausahaan secara simultan mempunyai hubungan yang signifikan dan positif dengan minat berwirausaha di bidang otomotif siswa program keahlian teknik kendaraan ringan dengan kontribusi 70,8% sedangkan hubungan yang signifikan dan positif secara parsial adalah variabel prestasi belajar mata diklat perbaikan motor otomotif dan prestasi belajar mata diklat kewirausahaan.

Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu 1) Bagi siswa, keahlian teknik kendaraan ringan yaitu meningkatkan prestasi akademik dengan cara terus menggali ilmu pengetahuan dari berbagai sumber dan media sehingga akan meningkatkan kemampuan belajar, 2) Bagi guru otomotif, guna meningkatkan prestasi belajar siswa keahlian teknik kendaraan ringan haruslah meningkatkan kemampuan profesionalisme guru yang dapat  mempengaruhi prestasi belajar siswa sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar dan pada akhirnya meningkatkan prestasi belajar siswa, 3) Bagi peneliti lain yang ingin mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menggunakan penelitian terhadap SMK swasta. Penelitian dan variabel penelitian tidak hanya sebatas prestasi belajar tetapi juga variabel lain yang berhubungan seperti motivasi, kemampuan bersosialisasi, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.