SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Persepsi tentang Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Nasional Malang

firanika oktavia arifin

Abstrak


ABSTRAK

 

Arifin, Oktavia Firanika 2011. Hubungan antara Persepsi tentang Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Nasional Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. H Paryono, S.T., M.T., (2) Dr. Syarief Suhartadi, M. Pd.

 

Kata kunci: Fasilitas, Motivasi, Prestasi.

Fasilitas belajar merupakan sarana yang dibutuhkan siswa dalam rangka untuk memudahkan, melancarkan, dan menunjang dalam kegiatan belajar mengajar. Motivasi dapat mendorong siswa untuk melakukan aktivitas tertentu yang berhubungan dengan kegiatan belajar demi peningkatan prestasi belajar. Prestasi belajar adalah suatu gambaran dari penguasaan kemampuan para peserta didik sebagaimana telah ditetapkan untuk suatu pelajaran tertentu. Prestasi belajar siswa dalam penelitian ini diambil dari nilai rata-rata raport siswa.

Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi dan untuk menemukan ada tidaknya suatu hubungan tentang variabel-variabel yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini populasinya terdiri dari 120 siswa dengan sampel 58 siswa. Dari hasil penelitian ini diketahui: (1) Fasilitas belajar siswa kelas XI TMO SMK Nasional Malang tergolong kategori sangat baik sebesar 55,17% dengan 32 siswa. (2)nMotivasi belajar siswa kelas XI TMO SMK Nasional Malang tergolong kategori baik sebesar 46,55% dengan 27 siswa. (3) Ada hubungan yang signifikan antara persepsi tentang fasilitas belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran produktif program keahlian teknik mekanik otomotif SMK Nasional Malang. (4) Ada hubungan yang signifikan antara persepsi tentang motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran produktif program keahlian teknik mekanik otomotif SMK Nasional Malang dan (5) Ada hubungan yang signifikan antara persepsi tentang fasilitas belajar, dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran produktif program keahlian teknik mekanik otomotif SMK Nasional Malang.

Dari penelitian ini penulis dapat memberikan saran agar sekolah dan orang tua bisa memberikan fasilitas belajar yang dibutuhkan oleh siswa dan juga memberikan motivasi yang dapat membuat siswa menjadi lebih semangat dalam belajar sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya.