SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Prestasi Belajar Keahlian Otomotif dan Prestasi Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK 2 Islam Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2010/2011

ADHIEN WAHYU FAUZI MAHMUD

Abstrak


ABSTRAK

Mahmud,Adhien FM.2011. Hubungan Prestasi Belajar Keahlian Otomotif dan Prestasi Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK 2 Islam Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd,                    (2) Drs. Sumarli, M.Pd., M.T

Kata Kunci : prestasi belajar keahlian otomotif, prestasi praktik kerja industri, kesiapan kerja.

Untuk dapat mewujudkan siswa SMK yang memiliki kesiapan kerja dibidangnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pihak SMK. Diantaranya peningkatan prestasi belajar keahlian otomotif dan kinerja siswa dalam praktik kerja industri. Kedua hal tersebut merupakan hal yang penting yang akan peneliti kaji lebih mendalam, untuk dapat mengetahui hubungan dengan kesiapan kerja siswa. Pemilihan variabel tersebut merupakan indikator yang penting untuk dapat digunakan sebagai alat ukur guna menentukan kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK 2 Islam Durenan Kabupaten Trenggalek untuk terjun ke dunia kerja dan industri.

Dari paparan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar keahlian otomotif, prestasi praktik kerja industri dapat mempengaruhi kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK 2 Islam Durenan Kabupaten Trenggalek untuk terjun ke dunia kerja. Untuk menguji kebenaran dugaan tersebut, penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut : (1) Apakah ada hubungan positif dan signifikan antara  prestasi belajar keahlian otomotif  dengan kesiapan kerja siswa kelas XII  Teknik Kendaraan Ringan SMK II ISLAM Durenan Kabupaten Trenggalek, (2) Apakah ada hubungan positif dan signifikan  antara prestasi praktek kerja industri dengan kesiapan kerja siswa kelas XII  Teknik Kendaraan Ringan SMK II ISLAM Durenan Kabupaten Trenggalek, (3) Apakah ada hubungan positif dan signifikan antara  prestasi belajar keahlian otomotif dan praktek kerja industri dengan kesiapan kerja siswa kelas XII  Teknik Kendaraan Ringan SMK II ISLAM Durenan Kabupaten Trenggalek.

Penelitian ini dirancang menggunakan deskriptif korelasional yang dilakukan pada siswa kelas XII  Teknik Kendaraan Ringan SMK II ISLAM Durenan Kabupaten Trenggalek dengan jumlah populasi 77 siswa dan jumlah angket sebanyak 30 butir. Penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data.

Saran penelitian antara lain : (1) Siswa perlu meningkatkan prestasi akademik dengan cara terus menggali ilmu pengetahuan dari berbagai sumber dan media sehingga akan meningkatkan kemampuan belajar, (2) Bagi guru, guna meningkatkan prestasi belajar siswa keahlian teknik kendaraan ringan haruslah meningkatkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti meningkatkan kemampuan profesionalisme guru sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar dan pada akhirnya meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) Bagi industri, guna meningkatkan kemampuan prestasi praktik kerja industri para siswa praktikan, hendaknya industri benar-benar membantu dan membimbing dengan serius para siswa yang sedang melaksanakan praktik di industri tersebut sehingga para siswa sudah mengenal dunia kerja dan mereka juga sudah siap terjun langsung di dunia kerja.