SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Bakat Mekanik dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas X Program Keahlian Mekanik Industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo

mohammad syahru romadhani

Abstrak


ABSTRAK

Romadhani, Mohammad Syahru. 2011. Hubungan Bakat Mekanik dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas X Program Keahlian Mekanik Industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed, (II) Drs. Wahono, S.ST., M.Pd.

 

Kata kunci: bakat mekanik, gaya belajar, prestasi.

 

Prestasi belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, di antaranya yaitu bakat mekanik dan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan bakat mekanik dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo; (2) Hubungan tingkat gaya belajar visual siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo; (3) Hubungan tingkat gaya belajar auditorial siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo; (4) Hubungan tingkat gaya belajar kinestetik siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo; dan (5) Hubungan bakat mekanik, tingkat gaya belajar visual, tingkat gaya belajar auditorial dan tingkat gaya belajar kinestetik dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo

Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian korelasional. Data dikumpulkan menggunakan tiga instrumen sesuai dengan jumlah variabel dalam penelitian, yaitu (1) bakat mekanik menggunakan tes bakat, (2) gaya belajar menggunakan angket, dan (3) prestasi belajar menggunakan dokumentasi. Data diperoleh dari 34 siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan tahun pelajaran 2010/2011. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Dari hasil analisis data pengujian hipotesis diperoleh bahwa bakat mekanik dan gaya belajar kinestetik secara parsial memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar, sedangkan gaya belajar visual dan auditorial secara parsial tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar, tetapi secara simultan (bersama-sama) keempat variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar. Besarnya kontribusi secara parsial terhadap prestasi belajar masing-masing variabel yaitu: bakat mekanik sebesar 32,29%; gaya belajar visual sebesar 4,21%; gaya belajar auditorial sebesar 3,13%; dan gaya belajar kinestetik sebesar 25,54%. Secara simultan keempat variabel di atas memiliki kontribusi sebesar 64,1%.