SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Diklat Teori Kejuruan Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK Pekerjaan Umum Malang

Andri Saputro

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputro, Andri. 2011. Hubungan Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Diklat Teori Kejuruan Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK Pekerjaan Umum Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd. (2) Drs. H. Sutijono, M.M.

 

Kata kunci: persepsi siswa, pelaksanaan pembelajaran, prestasi belajar, SMK.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan kejuruan tingkat menengah yang disediakan Pemerintah dalam rangka menyiapkan tenaga kerja menengah siap pakai. Sehubungan dengan hal itu, hendaknya pendidikan dikelola, baik secara kualitas maupun kuantitas. Pada dasarnya proses belajar-mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, dimana guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan berhasilnya proses belajar-mengajar di dalam kelas. Keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar yang diperoleh. Berkaitan dengan hal itu, dalam pelaksanaan pembelajaran guru memegang peranan penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMK Pekerjaan Umum Malang. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII jurusan Teknik Pemesinan pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 14 siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran dengan prestasi belajar siswa mata diklat Teori Kejuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik dokumentasi, sedangkan analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis, analisis deskriptif, dan analisis korelasi, serta dalam penghitungannya menggunakan program SPSS 16 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran berada dalam kriteria baik dengan skor rata-rata sebesar 118,82, dan tingkat prestasi belajar siswa mata diklat Teori Kejuruan berada dalam kriteria baik dengan skor rata-rata sebesar 8,84, serta tidak ada hubungan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran dengan prestasi belajar siswa mata diklat Teori Kejuruan kelas XII jurusan Teknik Pemesinan SMK Pekerjaan Umum Malang dengan hasil perhitungan sebesar (rhitung = -0,244; p = 0,400 > 0,05).

Saran yang diberikan oleh peneliti adalah untuk pihak sekolah diharapkan lebih meningkatkan kegiatan di dalam proses pelaksanaan pembelajaran agar prestasi belajar siswa terus meningkat. Bagi guru mata diklat Teori Kejuruan supaya lebih meningkatkan performanya dalam mengajar agar persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran yang diajarkan akan lebih baik dan sekaligus lebih memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Untuk siswa sebaiknya berusaha semaksimal mungkin dalam belajar dan menghindari hal-hal negatif yang dapat mengganggu kegiatan belajar agar prestasi belajarnya juga terus meningkat.