SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, KEPRIBADIAN, PROFESIONAL, DAN SOSIAL GURU PRAKTIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 SINGOSARI KABUPATEN MALANG

Ardzy Panggayuh Indarto

Abstrak


ABSTRAK

 

Indarto, Ardzy Panggayuh. 2011. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional, dan Sosial Guru Praktikan terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (1) Drs. H. Yoto, S.T., M.Pd., M.M., (2) Drs. H. Abdul Qolik, M.M., M.Pd.

 

Kata kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial, guru praktikan, motivasi belajar siswa

Bagi lembaga pendidikan guru, PPL merupakan kegiatan praktik mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam proses pembelajaran pada mahasiswa calon guru atau biasa disebut guru praktikan. Disamping bekal keterampilan yang diberikan, faktor kompetensi guru juga harus dimiliki oleh masing-masing guru praktikan. Kompetensi guru ini meliputi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, dan Kompetensi Sosial. Terkait hal ini, guru praktikan juga harus berupaya untuk bisa menumbuhkan motivasi yang ada dalam diri siswa. Hasil observasi yang telah dilakukan, siswa SMK Negeri 1 Singosari kurang memiliki motivasi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL.

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial guru praktikan terhadap motivasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Selain itu mengetahui faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar.

Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi.  Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X program keahlian teknik pemesinan dan teknik pemeliharaan mekanik industri pada semester genap tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 100 anak. Objek dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial guru praktikan serta motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi), regresi berganda, dan pengujian hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan secara parsial dan simultan antara kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial guru praktikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditandai dengan hasil uji t untuk masing-masing variabel bebas mempunyai taraf signifikansi < 0,05.  Nilai uji F untuk semua variabel bebas juga mempunyai taraf signifikansi < 0,05 (0,023 < 0,05). Dari hasil sumbangan efektif, pengaruh pedagogik guru praktikan adalah pengaruh yang paling dominan terhadap motivasi belajar dengan persentase 22,14%.

Penelitian ini dapat disarankan kepada guru praktikan agar mempertahankan dan mengembangkan kompetensinya yang sudah dianggap baik oleh siswa. Kepada siswa juga selalu mempertahankan motivasi belajarnya. Pada Jurusan Teknik Mesin dan Sekolah yang bersangkutan disarankan untuk membekali mahasiswanya dengan pengenalan kompetensi yang dimiliki guru.