SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Pemilihan Program Keahlian Teknik Mesin dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK se-Kota Malang

Sudarmanto wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: program keahlian, faktor internal, faktor eksternal, hasil belajar, SMK.

Pemilihan program keahlian merupakan suatu proses dalam keputusan siswa yang berkaitan dengan pekerjaan yang dicita-citakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam memilih program keahlian teknik mesin yaitu faktor internal terdiri dari minat dan motivasi, sedangkan faktor eksternal terdiri dari orangtua dan teman sebaya. Faktor-faktor tersebut juga akan mempengaruhi hasil belajar pada siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor internal dalam pemilihan program keahlian dan hasil belajar, untuk mengetahui hubungan faktor eksternal dalam pemilihan program keahlian dan hasil belajar, untuk mengetahui hubungan faktor internal dan eksternal dalam pemilihan program keahlian dengan hasil belajar.

 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional di mana gambaran tentang sekelompok variable bebas yang dikorelasikan secara sendiri-sendiri (parsial)  maupun secara bersama-sama (simultan) dengan satu variabel terikat. Instrumen yang digunakan untuk mengukur faktor internal yaitu digunakan self inventory minat dan self inventory motivasi, sedangkan faktor eksternal digunakan instrument self inventory orangtua dan self inventory teman sebaya. Untuk hasil belajar berupa nilai raport pengambilan datanya dengan cara dokumentasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Mesin se-Kota Malang yang terdiri dari SMKN 6 Malang, SMK PGRI 3 Malang, SMK Nasional, SMK Muhammadiyah 1 dan SMK YP 17-1. Dengan jumlah populasi 340 siswa, dari populasi tersebut kemudian digunakan metode disproportionate stratified random sampling untuk menentukan jumlah sampel yang akan diambil. Dalam penelitian ada 184 siswa yang dijadikan sampel penelitian.

Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yang diuji dengan analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada  hubungan yang positif signifikan antara faktor internal (minat dan motivasi) yang melatarbelakangi pemilihan program keahlian Teknik Mesin dan hasil belajar siswa kelas X di SMK se-Kota Malang, (2) ada hubungan yang positif signifikan antara faktor eksternal (peran orangtua) dan hubungan yang negatif signifikan antara faktor eksternal (teman sebaya) yang melatarbelakangi pemilihan program keahlian Teknik Mesin dan hasil belajar siswa kelas X di SMK se-Kota Malang, dan (3) ada hubungan yang positif signifikan antara faktor internal (minat dan motivasi) dan faktor eksternal (peran orangtua) secara bersama-sama yang melatarbelakangi pemilihan program keahlian Teknik Mesin dengan hasil belajar siswa kelas X di SMK se-Kota Malang.