SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hambatan Belajar Mahasiswa dalam Menempuh Mata Kuliah Perencanaan Mesin Produksi (PTM447) pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

M. Izarul Haq Hannan

Abstrak


ABSTRAK

 

Haq Hannan, M. Izarul. 2011. Hambatan Belajar Mahasiswa dalam Menempuh Mata Kuliah Perencanaan Mesin Produksi (PTM447) pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang Pembimbing: (I) Drs. Sumarli, MT. M.Pd. (II) Drs. Solichin, ST. M.Kes.

 

Kata lunci: hambatan, belajar, Perencanaan Mesin Produksi

Secara umum kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi sudah dibatasi oleh waktu secara ketat. Contohnya, untuk program sarjana strata 1 diberi waktu selama 4 tahun (8 semester). Namun pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum mampu lulus dengan tepat waktu. Salah satunya yaitu di Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Hal ini disebabkan oleh mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa. Mata kuliah yang dimaksud adalah mata kuliah Perencanaan Mesin Produksi   (PTM 447). Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin, hal ini terbukti bahwa di buku panduan Katalog dari angkatan-angkatan sebelumnya mata kuliah ini selalu disajikan oleh Jurusan Teknik Mesin dan waktunya pun dibatasi hanya satu semester, tapi pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam waktu satu semester. Mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin berjumlah 51 mahasiswa yang dapat menyelesaikan mata kuliah Perencanaan Mesin Produksi ini dengan tepat waktu sejumlah 2 mahasiswa atau sekitar 3,9%, sedangkan yang belum lulus sejumlah 49 mahasiswa atau sekitar 96,1%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar internal dan external mahasiswa yang bersifat akademis dan non akademis yang dialami mahasiswa Teknik Mesin dalam menempuh mata kuliah Perencanaan Mesin Produksi.

Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang program studi Pendidikan Teknik Mesin yang telah menempuh atau mengambil mata kuliah Perencanaan Mesin Produksi. sampel penelitian ini adalah 51 mahasiswa yang terdiri dari 20 mahasiswa offering A dan 31 mahasiswa offering B. Pengambilan data  menggunakan angket, diperkuat dengan wawancara dan survey yang berkaitan dengan hambatan belajar mahasiswa terhadap mata kuliah Perencanaan Mesin Produksi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif yang meliputi frekuensi, persentase, diagram dan transkrip wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih mengalami hambatan belajar baik secara internal maupun secara eksternal. Hambatan internal mahasiswa meliputi penguasaan materi, minat mahasiswa, emosi jiwa mahasiswa, kehadiran mahasiswa, penguasaan bahasa mahasiswa, pengaturan waktu belajar, dan cacat tubuh. Hambatan belajar mahasiswa secara eksternal meliputi metode pembelajaran (proses pembimbingan mahasiswa dengan dosen), beban kerja (perencanaan studi), sarana dan prasarana, kegiatan mahasiswa dalam masyarakat (organisasi), dan belajar sambil bekerja,

Berdasarkan penelitian tersebut disarankan (1) Mahasiswa yang akan menempuh mata kuliah Perencanaan Mesin Produksi harapannya secara aktif mencari informasi kepada jurusan tentang tatacara dan alur pengerjaannya sehingga tidak terjadi buta informasi yang bisa menyebabkan kemoloran, (2) Mahasiswa sebaiknya bisa membuat jadwal yang sifatnya terus-menerus/kontinyu terhadap proses pengerjaan Perencanaan Mesin Produksi, (3) Bagi mahasiswa yang menglami kesulitan atau hambatan harapannya selalu aktif  berkonsultasi dan melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing, dan (4) Apabila terdapat permasalahan dengan dosen pembimbing yang sifatnya merugikan mahasiswa misalnya dosennya tidak dapat atau sulit ditemui bahkan sering ke luar kota maka mahasiswa segera melapor kepada koordinator mata kuliah Perencanaan Mesin Produksi  dalam hal ini sekertaris Jurusan untuk memohon pergantian dosen pembimbing agar tidak menghambat penyelesaian Perencanaan anda.