SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemitraan Antara Dunia Usaha/Industri dengan Dunia Pendidikan Dalam Meningkatkan Lulusan SMK (Studi Kasus Jalinan Kemitraan Antara PT Trakindo Utama dengan SMK Negeri 1 Singosari)

Ambar Sulistyo

Abstrak


ABSTRAK

 

 Sulistyo, Ambar. 2010. Kemitraan Antara Dunia Usaha/Industri dengan Dunia Pendidikan  Dalam Meningkatkan Lulusan SMK  (Studi Kasus Jalinan Kemitraan Antara PT Trakindo Utama dengan SMK Negeri 1 Singosari). Skripsi, Jurusan Teknik Mesin FT  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Abdul Qolik, M.M.,M.Pd (II) Dra. Hj. Widiyanti, M.Pd

 

Kata kunci: kemitraan, kerjasama dunia usaha dengan dunia pendidikan

Pemerintah melakukan pembenahan melalui berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan salah satunya Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK), tujuan utama antara lain menyiapkan lulusan memasuki dunia kerja. Adanya kebijakan link and match  dengan tujuan meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki keterampilan dan kemampuan yang professional. Adapun rumusan masalah yang ingin digali melalui  penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan Kurikulum Berbasis Karakter dalam jalinan kemitraan yang diterapkan di SMKN 1 Singosari Program Keahlian Alat Berat, dan kegiatan apa yang tercakup dalam kemitraan terkait dengan tenaga pengajar. Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum Berbasis Karakter dan kegiatan PSG terkait dalam jalinan kemitraan yang diterapkan di SMK Negeri 1 Singosari Program Keahlian Alat Berat dan mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan dari kegiatan yang tercakup dalam kerjasama antara PT Trakindo Utama dengan SMK Negeri 1 Singosari yang terkait dengan tenaga pengajar/guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian menggunakan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Singosari pada program keahlian alat berat pada mata pelajaran produktif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Langkah-langkah yang dilakukan pada tahap analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kurikulum berbasis karakter yang diterapkan di SMKN 1 Singosari program keahlian Alat berat adalah pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang bermuatan karakter di dalamnya. Dalam penyusunan, kurikulum disusun berdasarkan kompetensi-kompetensi hasil rumusan antara pihak sekolah dengan pihak industri yang menghasilkan 7 soft skill, 12 core skill, 1 problem solving, dan 17 work skill. Dalam pelaksanaanya faktor yang mendukung adalah input siswa yang memang sudah terseleksi sebelumnya, dan adanya LBB yang disediakan untuk men-training guru-guru Alat Berat. Faktor yang menghambat adalah belum semua guru bisa dijadikan permodelan dalam pembentukan karakter untuk siswa, dan kurangnya pemantauan karakter siswa.

Saran yang dapat diberikan peneliti adalah bagi siswa, hendaknya kebiasaan positif yang sudah terbentuk di sekolah melalui kurikulum berbasis karakter bisa melekat dan berkembang baik ketika di sekolah maupun di industri, Bagi Industri, hendaknya penyiapan SDM dan keterampilan yang dimiliki lulusan SMK bisa terserap langsung di dunia industri lain, serta Bagi sekolah, hendaknya pada kemitraan ini tidak hanya di khususkan pada jurusan teknik alat berat melainkan dapat memberikan kemitraan pada masing-masing jurusan yang lain.