SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tanggapan Siswa Kelas X Tentang Penggunaan Job Sheet Pembuatan Saku Paspoal Pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Malang

Yarinta Putri Frida

Abstrak


RINGKASAN

Yarinta, Putri Frida. 2019. Tanggapan Siswa Kelas X Tentang Penggunaan Job Sheet Pembuatan Saku Paspoal Pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd.

Kata Kunci: Tanggapan, Job Sheet, Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit, Saku Paspoal

SMK Negeri 3 Malang merupakan salah satu lembaga dibawah naungan Dinas Pendidikan Kota Malang. Job sheet sebagai pelengkap media pembelajaran yang digunakan sebagai uji coba untuk menggantikan strategi pembelajaran Student Center Lerning (SCL). Job sheet dicoba diterapkan pada siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran produktif.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tanggapan siswa tentang penggunaan job sheet pembuatan saku pada mata pelajaran Dasar Teknik Menjahit Busana Butik Kelas X SMK Negeri 3 Malang. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif acuan dalam proses pembelajaran mata pelajaran produktif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X busana butik satu (1) dan dua (2) tahun ajaran 2018/2019 yang mengikuti mata pelajaran dasar teknologi menjahit dengan menggunakan job sheet sebanyak 74 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner atau angket yang berjumlah 28 butir soal. Angket ini diuji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan dinyatakan valid, sedangkan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,921 dan dinyatakan sangat reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan persentase (%). Hasil penelitian ini menunjukkan 55 siswa mempunyai tanggapan sangat setuju dengan kinerja job sheet dengan persentase 74%. 65 siswa mempunyai tanggapan setuju dengan kelengkapan job sheet dengan persentase 88%. 54 siswa mempunyai tanggapan setuju dengan kesesuaian job sheet dengan persentase 73%, sedangkan pada kualitas yang dirasakan siswa terdapat 56 siswa dengan persentase 76% mempunyai tanggapan setuju.

Job sheet sebagai salah satu bentuk variasi pada proses belajar mengajar mendapat tanggapan yang positif dari siswa. Siswa dapat mengikuti proses belajar membuat fragmen saku paspoal pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit secara cepat, baik dan benar serta sesuai dengan langkah kerja yang tertib. Bagi guru diharapkan dapat membuat produk pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk siswa. Bagi sekolah diharapkan job sheet dapat diterapkan dam dikembangkan pada mata pelajaran lain yang para siswa mengalami kesulitas dalam belajar teori dan praktik.