SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tanggapan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan MUB Modiste Mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Malang

Dewi Drupadi Ananda

Abstrak


RINGKASAN

Dewi, D. A. 2019. Tanggapan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan MUB Modiste Mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Esin Sintawati, M.Pd, (II) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd.

Kata kunci: Tanggapan Konsumen, Kualitas Pelayanan, MUB Modiste

Kualitas pelayanan merupakan kegiatan memberi kepuasan konsumen oleh pelaku usaha tidak terkecuali mahasiswa MUB Modiste. MUB Modiste merupakan mata kuliah wajib ditempuh prodi S1 Pendidikan Tata Busana dan D3 Tata Busana di Universitas Negeri Malang. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tanggapan konsumen terhadap kualitas pelayanan MUB Modiste.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian diambil berdasarkan nama yang tercantum di buku order MUB Modiste. Untuk mempermudah identifikasi konsumen, penelitian membatasi letak penelitian yakni meneliti tanggapan konsumen yang berada di Universitas Negeri Malang dan sekitarnya. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster dimana populasi diketahui 20 responden terdiri dari tiga kelompok yakni 5 dosen, 4 karyawan dan 11 masyarakat sekitar Universitas Negeri Malang yang pernah menerima jasa pelayanan MUB Modiste. Teknik pengambilan data penelitian ini berupa kuisioner yang berisi jabaran-jabaran dimensi kualitas pelayanan. Jabaran dimensi kualitas terdiri dari jaminan, kehandalan, ketanggapan dan empati. Hasil pengambilan data dihitung menggunakan skala likert dengan empat pilihan jawaban yakni; 4) sangat puas, 3) puas, 2) cukup puas dan 1) kurang puas.

Hasil penelitian menyatakan 46.11% puas dengan jaminan pelayanan mahasiswa MUB Modiste. Sebanyak 52.50% konsumen merasa puas dengan kehandalan yang dimiliki oleh mahasiswa MUB Modiste. Ketanggapan mahasiswa MUB Modiste dalam melayani konsumen mendapatkan capaian sangat puas sebesar 47.50%. Capaian terbesar dalam pelayanan MUB Modiste adalah empati dimana mendapatkan tanggapan sebesar 55.71% sangat puas. Secara keseluruhan konsumen merasa sangat puas 50% dan 45% merasa puas terhadap pelayanan MUB Modiste.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsumen menyatakan sangat puas dengan pelayanan mahasiswa MUB Modiste. Konsumen beranggapan bahwa pelayanan yang diberikan berkualitas dan menilai kinerja mahasiswa sesuai dengan metode servqual atau kualitas jasa. Tingkat kecermatan dan akurasi waktu penyelesaian pesanan dalam melayani perlu diperhatikan sebab akan berdampak buruk pada hasil produksi yang dihasilkan. Mahasiswa MUB modiste diharapkan memanajemen waktu produksi dengan baik serta meningkatkan kecermatan dalam menelaah desain, detail dan proses produksi.

 

SUMMARY

Dewi, D. A. 2019. Consumer Responses to the Service Quality of Modiste MUB Fashion Departement, Universitas Negeri Malang. Undergraduate Thesis, Department of Industrial Technology, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Dra. Esin Sintawati, M.Pd, (II) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd.

Keywords: Consumer Response, Service Quality, MUB Modiste, Fashion Student

The research purpose is to describe consumer responses to the service quality of MUB Modiste in fashion department. Twenty respondents from consumer of MUB Modiste involved in this research. Researchers used closed questionnaire with thirty questions divided into four sub indicators. Validity test in 0.575 and reliability test showed the r table value 0.95 its mean the questionnaire valid and reliable. Four dimension in service quality that as sub indicators namely: assurance, reliability, responsiveness, and empathy. Likert scales used in this research with four answer categories, among them: strongly satisfied, satisfied, quite satisfied, and less satisfied. The results of research assurance explained that it got a satisfaction category with 46.11%. Reliability got a satisfaction category with 52.50%. In the other hand, responsiveness got a very satisfied category 47.50%. And empathy got very satisfied 55.71%. Overall, the result from four sub indicators showed that follows: 50% were very satisfied, 45% satisfied, and 5% quite satisfied with MUB Modiste service. It can be concluded that empathy have a highest assessment between other sub indicators. Consumer of MUB Modiste prioritized an attitude and indiscriminate. Hopefully for the next MUB Modiste have a better time management, improved the sewing techniques accuracy and increasing better service.