SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Preferensi Konsumen Batik "Tanjung Bumi" Kabupaten Bangkalan Madura

Sabila Eilmiy

Abstrak


RINGKASAN

Sabila, E. 2019. Preferensi Konsumen Batik “Tanjung Bumi” Kabupaten Bangkalan, Madura. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Busana, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Esin Sintawati, M.Pd, (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M.Si.

Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Batik Tulis Tanjung Bumi

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan preferensi konsumen terhadap batik tulis Tanjung Bumi di Galeri Tresna Art Bangkalan, Madura. Pemilihan tempat penelitian ini dikarenakan produsen belum dibekali pengetahuan mengenai preferensi konsumen, tetapi galeri Tresna Art ini sudah dikenal khalayak luas.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen di Galeri Tresna Art. Peneliti menentukan jumlah sampel sebanyak 78 responden yang diperoleh dari tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% berdasarkan 100 populasi. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner dengan pilihan jawaban tertutup.

Hasil penelitian menunjukkan responden penelitian ini di dominasi oleh perempuan dan rentangan usia responden 18 tahun – 40 tahun. Hampir setengah dari responden memiliki profesi sebagai karyawan dengan rata-rata penghasilan perbulan Rp. 1.000.000 – Rp. 3.000.000. Saat penelitian berlangsung terdapat 16 motif batik tulis Tanjung Bumi yang dibeli, namun diantara ke 16 motif batik tulis tersebut motif Manok nerupakan motif batik tulis yang lebih banyak dibeli.

Preferensi konsumen batik tulis Tanjung Bumi terbagi menjadi tiga, yaitu preferensi berdasarkan atribut, preferensi berdasarkan kepentingan, dan preferensi berdasarkan kepuasan. Preferensi konsumen berdasarkan atribut dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu faktor keindahan, faktor persepsi harga dan faktor kesesuaian harga terhadap manfaat produk. Sama halnya dengan preferensi berdasarkan atribut, preferensi berdasarkan kepentingan juga dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu gaya hidup, profesi, dan keluarga sedangkan preferensi berdasarkan kepuasan di pengaruhi oleh faktor kesesuaian harapan konsumen. Secara keseluruhan faktor kesesuian harapan konsumen merupakan faktor yang paling mempengaruhi preferensi konsumen batik tulis Tanjung Bumi di galeri Tresna Art.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa preferensi konsumen batik tulis Tanjung Bumi di Galeri Tresna Art dipengaruhi oleh 7 faktor, yaitu faktor keindahan, persepsi harga, kesesuaian harga dengan manfaat, gaya hidup, profesi, keluarga, dan kesesuaian harapan konsumen. Pihak Galeri Tresna Art diharapkan untuk melakukan inovasi pada motif batik namun tetap mempertahankan keindahan perpaduan pada motif, warna, dan tekstur serta selalu melibatkan konsumen dalam pengembangan usahanya.

 

SUMMARY

Sabila, E. 2019. Consumers’ Preferences of Batik “Tanjung Bumi” Bangkalan, Madura, Indonesia. Undergraduate Thesis, Departement of Industri Tecnology, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Dra. Esin Sintawati, M.Pd, (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M.Si.

Keywords: Consumer Preferences, Batik of Tanjung Bumi, Bangkalan

The reason to chose this place, to become research location is because Tresna Art Gallery did not have customer list. On the other hand, the Tresna Art Gallery has batik the name is Tanjung Bumi, but there are consisted of 16 different motifs. Hence, the purpose of this study is to describe consumers’ preference of batik Tanjung Bumi from Tresna Art Gallery.

This research used descriptive with quantitative approach. 78 respondents involved in this study, they are Tresna Art Gallery’s consumer. Most of the consumers’ are women and their age are 18 years - 40 years. Nearly half of the respondents have professions as employees with an average monthly income are Rp. 1.000.000 - Rp. 3.000.000. To gain data in this study, questionnaires with 22 questions used in this study. The test validy showed 0,361 and reliability is 0,784, it means both of them is valid.

Three sub variables used in this study included attributes, interest, and satis-faction. The results of this study showed that sub variabel attribute was influced by 3 factors, namely 55% beauty, 54% price perception, and 54% price com-pability for the benefits of the product. It means, the most consumers’ preferences on batik Tanjung Bumi because the beauty of the combination of batik motif, colors, and texture. In addition, consumers also have the perception that price are in accordance with the quality of batik and the benefits of batik that can be used as clothing in all events. There are also 3 factors that influence consumers’ prefer-ence when viewed from sub variables of interest, namely 56% profession, 58% lifestyle, and 53% familiy. It means, the most costumers’ preferences on batik Tanjung Bumi because batik’s design is suitable for use as formal clothing that support the costumers’ profession. Classy batik design can also meet the lifestyle of con-sumers’, beside batik design according to family taste. Satisfaction sub variable is only influenced by one factor, namely the suitability of expectation with percen-tage of 64%, meaning that most consumers preferences on batik Tanjung Bumi because the beauty of the combination of batik motifs and colors in accordance with consu-mers’ expectation.

Based on the results above, it can be concluced that from 16 motifs of batik Tanjung Bumi most of customer chose Manok motif as favorite motif from batik Tanjung Bumi in Tresna Art Gallery. For the further research, it recommended to do research related with the consumers’ preferences of batik Tanjung Bumi with different indicators or it can do research about consumers’ preferences for other batik.