SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Promosi Melalui Instagram di FnD Labels Wedding

Sukowati Aldila Mentari

Abstrak


RINGKASAN

Sukowati, Aldila Mentari. 2019. Efektivitas Promosi Melalui Instagram di FnD Labels Wedding. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nurul Hidayati, S.Pd., M.Sn.

Kata Kunci: Efektivitas, Promosi, Instagram

Perkembangan teknologi dan informasi membawa perubahan terhadap kehidupan manusia. Pelaku bisnis banyak yang memanfaatkan hal ini untuk melakukan kegiatan promosi. Salah satu promosi online yang digunakan adalah Instagram, karena di Instagram pelaku bisnis dapat membagikan banyak gambar untuk memberikan informasi mengenai spesifikasi produk mereka ke seluruh dunia. FnD Labels Wedding merupakan salah satu pelaku bisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Karenanya, tujuan dari studi ini adalah mengukur efektivitas promosi melalui Instagram di FnD Labels Wedding. Studi ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuisioner. Jumlah responden sebanyak 100 yang terdiri dari followers Instagram FnD Labels Wedding. Studi ini memiliki empat sub variabel yang digunakan untuk mengukur hasil penelitian, yang terdiri dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (hasrat), dan Action (tindakan). Uji validitas pada studi ini menggunakan validitas isi dan uji reliabilitas menggunakan rumus croanbach’s alpha. Hasil dari uji validitas sebesar 0,850 yang berarti valid dan hasil uji reliabilitas sebesar 0,815 yang berarti reliabel.  Hasil dari studi menunjukkan bahwa pada

1) sub variabel dari attention (perhatian) memperoleh rata-rata item sebesar 3,28 menunjukkan sangat effektif, artinya responden menyatakan jika Instagram efektif untuk menstimulus perhatian followers,

2) sub variabel interest (minat) memperoleh rata-rata item sebesar 3,38 menunjukkan sangat efektif, artinya responden menyatakan jika  Instagram efektif untuk meningkatkan rasa ingin tahu followers terhadap produk FnD Labels Wedding.

3) sub variabel desire (hasrat) memperoleh rata-rata item sebesar 3,27 menunjukkan sangat efektif,  artinya responden menyatakan jika Instagram efektif untuk  menimbulkan rasa keinginan atau hasrat followers, dan

4) sub variabel action (tindakan) memperoleh rata-rata item sebesar 3,4 menunjukkan sangat efektif, artinya responden menyatakan jika Instagram efektif untuk melakukan tindakan membeli produk FnD Labels Wedding. Berdasarkan hasil studi dapat diambil kesimpulan bahwa promosi melalui media sosial Instagram sangat efektif. Peneliti selanjutnya diharapkan agar penelitian selanjutnya mengembangkan metode lain dan indikator lain.

 

SUMMARY

Sukowati, Aldila. 2019. A Study on Instagram Effectiviness as Promotion Media in FnD Labels Wedding. Undergraduate Thesis. Departement of Industrial Technology, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang. Advisors: Nurul Hidayati, S.Pd., M.Sn.

Keywords: Effectiviness, Promotion, Instagram

The development of technology and information brings to changes the human life. Many businesses used it to do promotion activities. One of the online promotion used Instagram, because in Instagram they can put many picture to share their specific product to other people arround the world. One of the industry that used Instagram to promote their product is FnD Labels Wedding. Hence, the purpose of this study to measure the Instagram effectiviness as promotion media in FnD Labels Wedding. This study used descriptive with quantitative approach. The data were collocted by questionnaire and observation. This study involved 100 followers from Instagram FnD Labels Wedding. This study had four sub variable to measure the Instagram effectiviness as promotion media in FnD Labels Wedding namely: attention, interest, desire and action. The validity test of study is validation content, while reliability test that used cronbach’s alpha formula. The result of validity test is 0.85 it means valid and reliability test is 0.815 it means reliable.  The result of the study showed that

1) sub variable attention have average 3.28 that showed very effective, it means that respondents stated if Instagram effective to stimulate followers’ attention,

2) sub variable interest have average 3.38 that showed very effective, it means that respondents stated if Instagram effective to increased the followers’ curiosity about FnD Labels Wedding products,

3) sub variable desire have average 3.27 that showed very effective, it means that respondents stated if Instagram effective to sparked followers’ desire, and

4) sub variable action have average 3.4 that showed very effective, it means the respondents stated if  Instagram effective to make their decision to buy FnD Labels Wedding products. Based on the results, it can be concluded that the promotion that conducted in FnD Labels Wedding in Instragam is very effective. The researcher suggests for the further researcher can be improved by developing other methods and indicators.