SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN KAIN EKSPRESI UNTUK MATA KULIAH CREATIVE FABRIC DI PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA

Putrianti Desinta

Abstrak


ABSTRAK

Putrianti, Desinta. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pembuatan Kain Ekspresi untuk Mata Kuliah Creative Fabric di Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Kain Ekspresi

Mengikuti perkembangan pendidikan, Program Studi Pendidikan Tata Busana telah menerapkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2018. Pada kurikulum ini terdapat berapa mata kuliah baru, salah satunya adalah Creative Fabric. Untuk mendukung proses pembelajaran mata kuliah tersebut, diperlukan referensi mengenai materi yang berkaitan dengan capaian mata kuliah Creative Fabric. Kain ekspresi merupakan kain yang dibuat dengan motif ekspresi tanpa pakem tertentu, dengan penerapan warna yang bebas, komposisi gambar yang bebas sehingga terkadang motif yang dihasilkan abstrak, dengan teknik mencipratkan, meneteskan ataupun menuangkan zat warna pada kain. Materi ini masuk dalam capaian mata kuliah menerapkan berbagai macam kreasi hiasan menggunakan teknik pada permukaan kain. Pengembangan media ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial pembuatan kain ekspresi yang dapat digunakan pada mata kuliah Creative Fabric di Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana serta dapat memudahkan mahasiswa untuk memahami materi dan dapat belajar secara mandiri.

Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu:

(1) Analysis,

(2) Design,

(3) Development,

(4) Implementation, dan

(5) Evaluation. Produk yang dikembangkan berisi materi mengenai pembuatan kain ekspresi yang terdiri dari penjelasan awal kain ekspresi, alat dan bahan pembuatan kain ekspresi, langkah pembuatan kain ekspresi dan hasil jadi kain ekspresi yang telah dibuat. Kelayakan media yang telah dikembangkan dinilai oleh 2 ahli yaitu satu dosen Tata Busana sebagai ahli materi dan satu dosen Teknologi Pendidikan sebagai ahli media. Setelah media dinilai oleh para ahli, selanjutnya media direvisi dan diuji cobakan pada kelompok kecil mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana.

Pengembangan media pembelajaran video tutorial ini dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil dengan hasil presentase sebagai berikut:

(1) hasil analisis data ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 95%;

(2) hasil analisis data ahli media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 98,43%;

(3) hasil analisis uji coba kelompok kecil menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 92,06%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial pembuatan kain ekspresi untuk mata kuliah Creative Fabric dinyatakan sangat layak digunakan pada proses pembelajaran. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengembangkan media video yang memuat teknik dasar pembuatan kain ekspresi sehingga dapat digunakan sebagai pendahuluan untuk lebih memperjelas lebih dalam mengenai materi pembuatan kain ekspresi.

 

SUMMARY

Putrianti, Desinta. 2019. Development Learning Media about Video Tutorials to make Creative Fabric for Fashion Student in Higher Education. Undergraduate Thesis. Department of Industry Technology. Faculty of Engineering. Universitas Negeri Malang. Advisor: (I) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd.

Keyword: Learning Media, Video Tutorials, Creative Fabric

Creative fabric is one of creation that made motif for fabric that used any motif, any color, any technique and anything. It did not have special indicators to make it like batik. Hence, the purpose of this study is to make video tutorial for help student to easy understand how to make it. In this research, researcher used ADDIE to development model. The test of validation used expert validity. They are from media expert and fashion expert. The result of validity expert showed that 98,43% from media expert was feasible and 95% from fashion expert was feasible. On the other hand, in this research also used small group to do trial test.

The results of this research showed that 92,06% of the video tutorial presented feasible. Based on the result above, it can be concluded that the video tutorial feasible to use for fashion student in higher education. For further research, they can make research related with the basic of creative fabric to make more easy for beginners.