SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pecah Pola Kerah Pada Mata Kuliah Konstruksi Pola Dan Pecah Model Prodi S1 Pendidikan Tata Busana

Kurniyawati Eka Anggun

Abstrak


RINGKASAN

Kurniyawati, E. A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pecah Pola Kerah Pada Mata Kuliah Konstruksi Pola Dan Pecah Model Prodi S1 Pendidikan Tata Busana. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Esin Sintawati, M.Pd, (II) Dra. Idah Hadijah, M.Pd.

Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Animasi Pecah Pola Kerah, Konstruksi Pola dan Pecah Model, Mahasiswa Tata Busana.

Media pembelajaran yang mudah untuk dipahami serta menarik bagi peserta didik akan sangat membantu dalam proses pembelajaran. Mata kuliah Konstruksi Pola dan Pecah Model menggunakan bahan ajar cetak, media yang digunakan tersebut masih terbatas bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana. Mata kuliah konstruksi pola dan pecah model membutuhkan media yang lebih menarik. Data hasil observasi, 50% mahasiswa menyatakan kesulitan dalam mengerjakan pecah model kerah, sehingga peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran pada materi pecah model kerah. Media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran perlu dikembangkan untuk membantu dosen pengajar dan membantu mahasiswa dalam memahami materi pecah model kerah, peneliti ingin mewujudkan dengan pengembangan media pembelajaran Microsoft Office Power Point.

Media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ADDIE, model pengembangan tersebut memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu:

(1) analysis,

(2) design,

(3) development,

(4) implementation, dan

(5) evaluation. Subjek uji kelayakan media adalah mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Malang angkatan 2017 sebanyak 29 mahasiswa. Validasi dilakukan oleh dua orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media.

Hasil pengembangan media ini telah melalui validasi oleh ahli dan selanjutnya diujicobakan pada responden (mahasiswa). Hasil skor uji coba lapangan sebesar 87,56% dengan kualifikasi sangat layak. Berdasarkan skor persentase yang diperoleh, pengembangan media ini dinyatakan valid dan sudah dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran Power Point dikemas dalam bentuk  Compact Disk (CD) berupa soft file. Pengembangan media pembelajaran ini diharapkan tidak sebatas menggunakan Microsoft Office Power Point, media dapat dikembangkan pada materi dan mata kuliah lain bagi mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang.

 

SUMMARY

Kurniyawati, E. A. 2019. The Development of Learning Media Animation on Collar Pattern of Fashion Department. Undergraduate Thesis, Department of Industrial Technology, Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Supervisor: (I) Dra. Esin Sintawati, M.Pd, (II) Dra. Idah Hadijah, M.Pd.

Keywords: the development of media collar pattern making animation construction and pattern model.

The purpose of this study is to develop the learning media animation on collar pattern. It has been undertaken by researcher because students in fashion department faced problem to make collar pattern. This study used ADDIE model to make sure that the learning media animation can increase students’ ability, especialy how to make collar pattern. 29 students from fashion department in Universitas Negeri Malang involved in this study. Researcher dertermined the students’ criteria, included: they got the basic pattern and basic sewing already.

The results of this study showed,

(1) Analysis, the result of the study, 50% students’ said that collar pattern was difficult. It means the observer want to create Microsoft Office Power Point learning media on collar pattern,

(2) Design, the observer compiled the design of collar pattern media,

(3) Development, the first plan of draf of design implemented in story board,

(4) Implementation, before researcher did the trial test for learning media animation, the researcher invited two validators to make sure the media fasible to show to the students, and than the media shared to the student toward that learning media animation that helped studied to increase their ability, and

(5) Evaluation, based on data from implementation, reseacher did some revision to the learning media animation for collar pattern.

Based on the results above, it can be concluded that the results of the learning media animation can be used in the learning process. So that, this media was helpful and it can use as learning media in the fashion department.  The suggestion for the further research is hopefully this media can develop for the other subjects.