SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TANGGAPAN SISWA KELAS XII TENTANG PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PERMUTASI BAGIAN-BAGIAN BUSANA PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 1 TUREN

rachmawati diah ayu

Abstrak


RINGKASAN

Rachmawati, Diah Ayu. 2019. Tanggapan Siswa Kelas XII Tentang Penggnaan Multimedia Interaktif Permutasi Bagian-Bagian Busana Pada Mata Pelajaran Desain Busana Program Keahlian Tata Busana SMK N 1 Turen. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd.

Kata Kunci :  Tanggapan siswa, multimedia interaktif, mata pelajaran desain busana

Kegiatan pembelajaran merupakan langkah awal siswa untuk memahami sebuah materi, namun sering kali terdapat kegiatan belajar yang monoton. Pada mata pelajaran Desain Busana khususnya materi bagian-bagian busana terdapat banyak hal yang harus dipelajari antara lain garis leher, krah, lengan, manset, saku, celana dan rok. Materi yang begitu banyak membuat guru harus lebih inovatif lagi agar siswa tidak merasa bosan dan tetap bisa menerima pelajaran dengan baik. Terkait hal itu Isroiliani (2014) telah mewujudkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif permutasi bagian-bagian busana pada mata pelajaran desain busana. Pada penelitian lainnya guru telah memberi tanggapan tentang penggunaan multimedia interaktif ini, sehingga perlu ditindak lanjuti penelitian tanggapan siswa tentang penggunaan multimedia interaktif permutasi bagian-bagian busana karena tanggapan siswa dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh guru dalam perencanaan hingga pengelolaan kegiatan pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tanggapan siswa kelas XII tentang penggunaan multimedia interaktif permutasi bagian-bagian busana pada mata pelajaran desain busana di SMK N 1 Turen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII tata busana yang telah menempuh mata pelajaran desain busana yang berjumlah 66 siswa. Penelitian ini menggunakan angket tertutup dengan menggunakan skala likert. Hasil validasi menyatakan bahwa setiap item memperoleh rhitung lebih besar dari rtabel yaitu sebesar 0,329 sehingga dapat dikatakan valid. Hasil uji reliabilitas diketahui rhitung 0,939 rtabel 0,60, maka instrumen dapat dikategorikan “reliabilitas sangat tinggi”.

Pada penelitian ini terdapat 45 item pernyataan yang berasal dari 6 sub variabel diantaranya adalah sub variabel kemudahan navigasi dengan hasil 60,6% siswa memilih setuju dan 39,4% memilih sangat setuju. Kandungan Kognisi menunjukkan bahwa sebanyak 57,6% memilih setuju dan 42,4% memilih kurang setuju. Pada Presentasi Informasi mendapatkan hasil sebanyak 90,9% siswa memilih setuju, 6,1% memilih sangat setuju dan 3% memilih kurang setuju. Integrasi media  menunjukkan bahwa sebanyak 51,5% siswa memilih setuju dan 48,5% siswa memilih kurang setuju. Artistik dan Estetika menunjukkan bahwa sebanyak 92,4% siswa memilih jawaban setuju dan 7,6% siswa memilih sangat setuju. Kesesuaian fungsi media mendapatkan hasil sebanyak 56,1% siswa memilih jawaban setuju dan 43,9% memilih jawaban kurang setuju. Hasil tersebut menunjukan bahwa multimedia tersebut adalah media yang baik digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut karena responden menilai multimedia ini dapat mempermudah siswa dalam belajar materi bagian-bagian busana. Namun sebagian kecil siswa kurang setuju dengan kandungan kognisi, presentasi informasi, dan juga integrasi media, oleh karena itu masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaki.