SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tanggapan Industri Tentang Deskriptor Kompetensi Merancang Mode Busana Untuk Penilaian Mahasiswa Praktik Industri

Riski Muhartatiningsih

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan industri rumah mode dan butik tentang deskriptor kompetensi merancang mode busana untuk penilaian mahasiswa praktik industri. Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan sampel jenuh yaitu dua puluh industri rumah mode dan butik di Kota Malang yang menerima mahasiswa PI Tata Busana UM. Instrumen berupa angket tertutup dengan alternatif jawaban menggunakan skala Likert. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan validasi konstruk dengan dua validator yaitu dosen ahli praktik industri dan industri ahli di bidang butik. Hasil validasi instrumen dari dosen ahli praktik industri adalah 90.6%, dan dari industri ahli di bidang butik adalah 88.5% dengan kesimpulan valid.

Variabel penelitian ini yaitu tanggapan industri rumah mode dan butik tentang deskriptor kompetensi merancang mode busana untuk penilaian mahasiswa praktik industri.Terdapat tiga indikator, yaitu: kemudahan penggunaan deskriptor kompetensi merancang mode busana, kesesuaian deskriptor kompetensi merancang mode busana, dan manfaat deskriptor kompetensi merancang mode busana.

Hasil dari penelitian ini, pada indikator kemudahan,80.0% menyatakan sangat sesuai dengan kesimpulan responden menyatakan bahwa deskriptor kompetensi merancang mode busana mudah dioperasikan. Pada indikator kesesuaian, 70.0% menyatakan sesuai dengan kesimpulan responden menyatakan bahwa deskriptor kompetensi merancang mode busana sesuai dengan kebutuhan SKPI. Pada indikator manfaat, 80.0% menyatakan sangat sesuai dengan kesimpulan responden menyatakan bahwa deskriptor kompetensi merancang mode busana bermanfaat untuk pihak industri, mahasiswa, dan lembaga dan dosen pembimbing. Berdasarkan hasil rata-rata dari ketiga indikator yaitu 77.0% yang menunjukkan bahwa tanggapan industri rumah mode dan butik tentang deskriptor kompetensi meracang mode busana adalah sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan sebagai berikut:

(1) bagi jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang khususnya prodi Tata Busana, diharapkan dapat melengkapi pedoman penilaian praktik industri dengan deskriptor kompetensi untuk memfasilitasi pembimbing PI dalam melakukan penilaian dan mendeskripsikan kompetensi yang dicapai mahasiswa praktikan selama PI, sehingga diharapkan pula lembaga dapat menerbitkan SKPI;

(2) bagi industri diharapkan dapat menggunakan software ini untuk mendeskripsikan kompetensi mahasiswa yang dicapai selama PI; dan

(3) penelitian ini dapat disempurnakan dengan mengembangkan aspek lain.