SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tanggapan Guru Tata Busana SMKN se-Malang Raya terhadap Isi Bahan Ajar Modul Dasar Teknologi Menjahit

Izatul Munawaroh

Abstrak


Modul Dasar Teknologi Menjahit merupakan bahan ajar yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK pada tahun 2013 yang disusun berpedoman pada kurikulum 2013, namun pada saat ini perkembangan kurikulum berubah menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tanggapan guru tata busana SMKN se-Malang Raya terhadap isi modul Dasar Teknologi Menjahit. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 40 guru yang terdiri dari guru tata busana SMKN se Malang Raya. Penelitian ini memiliki lima sub variabel yang digunakan untuk mengukur hasil penelitian, yakni kandungan isi, karakteristik modul, elemen, keefektifan, dan evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik. Total jumlah butir item pernyataan dalam kuesioner ini adalah 51, terdiri dari 4 item pada sub variabel kandungan isi, 17 item pada sub variabel karakteristik, 23 item pada sub variabel elemen, 4 item pada sub variabel keefektifan, dan 3 item pada sub variabel hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada sub variabel kandungan isi sebanyak 50% responden menyatakan kurang sesuai, pada sub variabel karakteristik modul sebanyak 60% responden menyatakan sesuai, pada sub variabel elemen modul sebanyak 50% responden menyatakan sesuai, pada sub variabel keefektifan sebanyak 70% responden menyatakan sesuai, dan pada sub variabel evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik sebanyak 90% responden menyatakan sesuai. Berdasarkan penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa tanggapan guru tata busana SMKN se Malang Raya terhadap isi bahan ajar modul dasar teknologi menjahit secara keseluruhan dapat dapat disimpulkan telah sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.