SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tanggapan Pihak Usaha Busana Butik Tentang Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer Berdasarkan SKKNI Nomor 90 Tahun 2010

Della Tri Andraena Firdausy

Abstrak


Kata Kunci: Tanggapan Pihak Usaha Busana Butik, Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer, SKKNI.

Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer merupakan software yang digunakan untuk menilai kompetensi mahasiswa PI dalam bentuk deskripsi kompetensi yang mengacu pada SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) nomor 90 tahun 2010. Luaran deskriptor ini berupa surat keterangan kompetensi mahasiswa yang telah melaksanakan PI sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan selama PI. Surat keterangan kompetensi berisi deskripsi kompetensi mahasiswa PI yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) yang membutuhkan deskripsi pengalaman di luar kampus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tanggapan pihak usaha busana butik tentang Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer berdasarkan SKKNI nomor 90 tahun 2010.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah usaha busana butik di Kota Malang sebagai tempat praktik industri mahasiswa tata busana UM. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 14 butik. Instrumen yang digunakan adalah angket/ kuisioner tertutup. Validitas yang digunakan adalah validasi konstruk yang terdiri dari dua orang yaitu dosen ahli yang menyatakan sangat valid 90,6% dan pihak butik yang menyatakan sangat valid 82%.

Hasil penelitian tanggapan pihak usaha busana butik tentang Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer berdasarkan SKKNI nomor 90 tahun 2010 disimpulkan bahwa semua kontribusi tanggapan dari ketiga indikator baik. Hal tersebut didukung dari hasil data persentase yang menunjukkan tanggapan pihak butik pada indikator kemudahan menggunakan Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer menyatakan mudah pada kriteria tinggi dengan kontribusi 27%, pada indikator kesesuaian Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer menyatakan sesuai pada kriteria tinggi dengan kontribusi 27%, dan indikator manfaat Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer menyatakan bermanfaat pada kriteria sangat tinggi dengan kontribusi 46%. Sehingga tanggapan pihak butik butik tentang Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer secara keseluruhan baik dan tanggapan yang berkontribusi paling tinggi adalah tanggapan tentang manfaat Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer.

 

Kesimpulannya maka tanggapan pihak usaha busana butik di kota Malang tentang Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer dinyatakan mudah, sesuai dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan SKPI dengan adanya deskripsi kompetensi yang mengacu pada SKKNI nomor 90 tahun 2010. Saran bagi pihak butik diharapkan agar menggunakan Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer ini untuk mendeskripsikan kompetensi mahasiswa yang melakukan PI. Bagi Jurusan Teknologi Industri pada program studi Tata Busana diharapkan dapat melengkapi pedoman penilaian PI dengan adanya Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer Bagi Perguruan Tinggi dengan adanya luaran Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer dapat digunakan untuk mengisi kebutuhan SKPI. Bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat disempurnakan lagi dengan meneliti tanggapan dosen tentang Deskriptor Kompetensi Asisten Desainer.