SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tanggapan Mahasiswa Pendidikan Tata Busana terhadap Penerapan Aplikasi Form Order Modiste Berbasis Android

Melina Astri Rahayu

Abstrak


RINGKASAN

 

Rahayu, M.A. 2019. Tanggapan Mahasiswa Pendidikan Tata Busana Terhadap Penerapan Aplikasi Form Order Modiste Berbasis Android. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Sri Eko Puji Rahayu, M.Si., (II) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd.

Kata kunci: Tanggapan Mahasiswa, Penerapan Aplikasi, Form Order Modiste berbasis Android, Mahasiswa Tata Busana.

 

Busana merupakan kebutuhan dasar manusia. Sering kali untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seseorang lebih cocok memesan atau membuat pakaian sendiri melalui jasa modiste. Usaha modiste yang semula menggunakan form order berbentuk buku, dengan adanya perkembangan teknologi Android dapat dengan mudah menyimpan data customer pada form order modiste berbasis Android modiste masing-masing. Kelebihan dari aplikasi form order modiste berbasis Android ini yaitu modiste dapat menerima order secara praktis dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa pendidikan Tata Busana terhadap penerapan aplikasi form order modiste berbasis Android.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Tata BusanaUniversitas Negeri Malang yang sudah menempuh mata kuliah MUB Modiste, berjumlah 120 orang.Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Uji validitas dilakukan pada mahasiswa di luar responden penelitian sebanyak 30 mahasiswa. Hasil dari uji validitas yaitu 0,702 dan reliabilitas 0,755.

Hasil penelitian menyatakan bahwa secara umum penerapan form order modiste sangat layak. Dari semua indikator tanggapan yang meliputi a) tanggapan menurut indera; b) tanggapan menurut terjadinya; c) tanggapan terhadap tampilan; d) tanggapan terhadap fungsi; e) tanggapan terhadap cara kerja menunjukkan hasil yang positif.Aplikasi form order modiste berbasis Android dapat menyimpan data customer dan mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Diharapkan aplikasi form order modiste berbasis Android ini dapat dikembangkan sehingga pelaku usaha modiste dapat mengunduh di play store dan dapat dikomersilkan.