SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Hambatan Dosen Jurusan Teknologi Industri dalam Membimbing Skripsi

Elva . Amelliya

Abstrak


ABSTRAK

 

Amelliya, Elva. 2017. Identifikasi Hambatan Dosen Jurusan Teknologi Industri dalam Membimbing Skripsi. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Agus Hery Supadmi Irianti, M.Pd., (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu, M.Si.

 

Kata kunci: hambatan, dosen pembimbing skripsi, membimbing skripsi.

Minimnya kelulusan tepat waktu yang terjadi pada Jurusan Teknologi Industri secara langsung berdampak pada ketidak seimbangan antara input dengan outputnya. Hal ini disebabkan dari banyaknya mahasiswa yang mengalami hambatan dalam penyelesaian skripsi secara tepat waktu. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan bimbingan skripsi adalah dosen pembimbing, sehingga penting adanya upaya untuk meningkatkan kinerja dosen dalam membimbing skripsi, diantaranya dengan mengetahui hambatan yang dialami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan Internal dan Eksternal dosen Jurusan Teknologi Industri dalam membimbing skripsi.

Rancangan penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen Jurusan teknologi Industri yang memenuhi kualifikasi dalam membimbimbing skripsi yaitu minimal jabatan asisten ahli. Jenis sampel menggunakan sampel jenuh. Instrument yang digunakan berupa angket tertutup. Uji validitas menggunakan validitas konstruk, sedangkan uji reabilitas menggunakan Alpha cronbact.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada variabel hambatan dosen pembimbing terdapat dua sub variabel yaitu hambatan Internal & hambatan Eksternal. Pada sub variabel hambatan Internal yang mendominasi adalah indikator motivasi dosen pembimbing skripsi yang termasuk dalam kategori cukup menghambat. Pada sub variabel hambatan Eksternal yang mendominasi adalah indikator penguasaan mahasiswa terhadap metodologi penelitian yang termasuk dalam kategori menghambat.

 

Saran penelitian, (1) Bagi lembaga, a. Mengevaluasi kemajuan dosen dalam membimbing skripsi secara berkala dan memberikan reward & punishment terkait pencapaian target pembimbing skripsi, b. Peninjauan kembali terkait dengan penyajian matakuliah metodologi dan statistik, sehingga lebih efektif, c. Penetapan dosen pembimbing skripsi setiap mahasiswa supaya diturunkan bersamaan pada saat penyajian matakuliah metodologi penelitian. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pembimbingan dalam proses pembuatan proposal penelitian (mahasiswa tidak hanya medapatkan bimbingan dari dosen matakuliah, tetapi juga dibantu oleh dosen pembimbing skripsi). Dengan demikian, diharapkan pada akhir perkuliahan mahasiswa telah memperoleh hasil proposal penelitian sebagai tugas akhir yang siap untuk diseminarkan. (2) Bagi dosen, diharapkan supaya dosen pembimbing meningkatkan motivasi dan memiliki komitmen yang kuat sebagai tanggung jawab dalam pencapaian target bimbingan yang telah ditetapkan. (3) Bagi mahasiswa agar lebih meningkatkan minat dan motivasi belajar pada matakuliah metodologi penelitian, serta menambah pengalaman dan wawasan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dalam menulis skripsi dan memperbanyak membaca referensi penelitian.