SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tanggapan Dosen Pembimbing Terhadap Hambatan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana

sutilah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Sutilah. 2017. Tanggapan Dosen Pembimbing Terhadap Hambatan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd., (II) Dra. Esin Sintawati, M.Pd.

 

Kata Kunci: tanggapan dosen pembimbing, hambatan skripsi mahasiswa

Tanggapan dosen pembimbing merupakan pendapat atau reaksi dosen pembimbing skripsi setelah melihat, mendengar ataupun mengamati kegiatan selama mahasiswa melakukan bimbingan, konsultasi maupun mengerjakan skripsinya. Selama masa mengerjakan skripsi mahasiswa mengalami hambatan-hambatan yang menyebabkan terlambatnya penyelesaian skripsi. penyelesaian skripsi tidak hanya usaha dari mahasiswa saja, namun adanya kerjasama antara mahasiswa dengan dosen pembimbing. Banyaknya mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan skripsi dalam 1 semester menunjukkan bahwa adanya hambatan yang dialami mahasiswa. Hambatan skripsi mahasiswa dinilai dari sudut pandang mahasiswa telah banyak diteliti, namun masih belum ada penelitian tentang tanggapan tentang hambatan skripsi mahasiswa dilihat dari sudut pandang dosen pembimbing skripsi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjabarkan tanggapan dosen pembimbing terhadap hambatan penyelesaian skripsi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana menurut sudut pandang dosen pembimbing skripsi. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini sebanyak 11 orang dosen Program Studi Pendidikan Tata Busana. Pengambilan sampel penelitian sejumlah 8 orang dosen.

Hambatan penyelesaian skripsi secara umum: (1) mahasiswa malas melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing, (2) mahasiswa sering  menunda mengerjakan skripsi, (3) mahasiswa kurang berusaha dalam mencari bahan kajian pustaka, (4) kurangnnya keaktifan mahasiswa dalam berkomunikasi dengan dosen pembimbing, dan (5) mahasiswa kurang  mampu mengendalikan diri dalam menggunakan media sosial. Sementara hambatan penyelesaian skripsi secara khusus: (1) rendahnya  motivasi mahasiswa selama proses penyusunan skripsi, (2) tema penelitian yang diambil tidak sesuai dengan minat mahasiswa, (3) kemampuan mahasiswa dalam memahami metode penelitian yang sesuai dengan tema penelitian serta rendahnya kemampuan menulis karya ilmiah, (4) mahasiswa yang tidak dapat menjaga kesehatan, dan (5) mahasiswa kurang dapat berkomunikasi dengan dosen pembimbing. Menurut tanggapan dosen pembimbing, hambatan penyelesaian skripsi mahasiswa yang paling dominan adalah hambatan penyelesaian skripsi secara khusus

 

Saran untuk menangggulangi hambatan-hambatan dalam menyelesaikan skripsi, Mengurangi hambatan-hambatan yang akan dialami dalam menyusun skripsi sebaiknya mahasiswa mempersiapkan diri sebelum menyusun skripsi mulai dari menyiapkan niat, tekad, semangat, selalu berpikir positif, banyak membaca penelitian-penelitian lain, mencari tema atau permasalahan penelitian yang sesuai dengan minat, banyak membaca buku, jurnal, artikel ilmiah, banyak bertanya masalah yang berkaitan dengan skripsi pada teman atau senior,  mengurangi bermain dan menggunakan media sosial yang berlebihan. Pihak jurusan bisa memantau hambatan yang dialami mahasiswa dengan mengadakan sharing antara mahasiswa dengan dosen pembimbing dan kaprodi 2x dalam satu semester,  dosen pembimbing memantau perkembangan dan kemajuan skripsi mahasiswa minimal 1 minggu sekali.