SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Laboratorium Keterampilan Tata Busana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK Kartika IV- 1 Malang

Anisa Permataningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

SMK sebagai tempat proses belajar mengajar, memiliki fasilitas laboratorium yang dapat menujang proses belajar mengajar. Fasilitas dapat meningkatkan motivasi belajar pada diri siswa sehingga dapat menentukan keberhasilan siswa. Fasilitas laboratorium dan motivasi belajar merupakan faktor interen dan ekstern yang dapat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis: (1)ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK Kartika IV- 1 Malang; (2) ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara fasilitas laboratorium keterampilan terhadap hasil belajar siswa di SMK Kartika IV- 1 Malang; dan (3)ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara motivasi belajar dan  fasilitas laboratorium keterampilan terhadap hasil belajar siswa di SMK Kartika IV- 1 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK Kartika IV-1 Malang yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis (uji-t dan uji-f).

Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) motivasi belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK Kartika IV-1 Malang; (2) fasilitas laboratorium keterampilan tata busana secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK Kartika IV-1 Malang; dan (3) motivasi belajar dan fasilitas laboratorium keterampilan tata busana secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK Kartika IV-1 Malang.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) pihak sekolah lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas laboratorium keterampilan tata busana dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan standar pendidikan; (2) pihak sekolah sebaiknya selalu melakukan pengecekan dan perbaikan secara berkala terhadap fasilitas laboratorium keterampilan tata busana; dan (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih luas mengenai faktor-faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.