SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesiapan Siswa Kelas XII Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Malang Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi

Isnani . Faisalina

Abstrak


ABSTRAK

 

Uji kompetensi sertifikasi profesi adalah ujian untuk membuktikan siswa tersebut kompeten atau belum kompeten dalam bidang yang diujikan di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Lulusan SMK selain dibekali ijazah sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar, juga dibekali sertifikat kompetensi sebagai pengakuan terhadap kompetensi untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Sertifikat kompetensi sebagai jaminan bahwa lulusan tersebut telah lulus ujian kompetensi yang dilaksanakan lembaga terkait dan berguna untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan jabatan yang telah dikuasai. Sertifikat kompetensi dalam hal ini dapat diperoleh dengan mengikuti ujian sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan oleh Sertifikasi siswa SMK diprioritaskan kepada beberapa sector, diantaranya sektor pariwisata, logistik, otomotif, komunikasi dan informatika, kesehatan, dan elektronik. SMK di Kota Malang yang telah dijadikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) sertifikasi profesi dalam  bidang Tata Busana adalah SMK Negeri 3 Malang. Selain menjadi TUK, SMK Negeri 3 Malang juga menjadi sekolah rujukan program keahlian Tata Busana.

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan materi siswa kelas XII dalam menghadapi Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi di LSP SMK Negeri 3 Malang. Permasalahan yang dibahas adalah kesiapan siswa dalam segi materi uji yang diujikan dalam Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Malang yang akan menghadapi Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan angket atau kuesioner. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan 2 alternatif jawaban. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Penyajian data dalam statistik deskriptif antara lain dengan penyajian data melalui tabel, grafik, dan diagram lingkaran ataupun presentase.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian dengan judul “Kesiapan Siswa Kelas XII Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Malang Dalam Menghadi Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi”, maka dapat disimpulkan bahwa seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Malang dapat dikatakan telah siap menghadapi Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi.

 

Saran dari penelitian ini adalah SMK Negeri 3 Malang diharapkan lebih focus dalam menyiapkan siswanya untuk memperdalam materi uji kompetensi profesi, siswa kelas XII yang akan menghadapi Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi diharapkan lebih memperdalam dalam mempelajari materi uji, dan peneliti lain diharpkan bisa memperluas wawasan untuk meneliti hal serupa.