SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH PADA MATERI MENGGAMBAR WAJAH UNTUK KELAS XI JURUSAN BUSANA BUTIK SMK N 1 TUREN

nur cahyaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyaningrum, Nur. 2017. Pengembangan Media PembelajaranAdobe Flash pada Materi Menggambar Wajah untuk Kelas XI Jurusan Busana Butik SMK N1 Turen. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, FakultasTeknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dra. Nur Endah Purwaningsih,M.Pd, (II) Dra. Idah Hadijah, M.Pd.

 

Kata Kunci :Pengembangan, Adobe flash, MenggambarWajah

Media pembelajaran  yangditerapkan di SMK Negeri 1 Turen pada mata pelajaran Desain Busana materi menggambar wajah berupa media cetak, yaitu berupa buku cetak dan modul. Kemampuan siswa memahami pembelajaran yang satudengan yang lainnya berbeda sesuai dengan kemampuan dan pengalaman belajar siswa, sehingga dapat menimbulkan persepsi yang berbeda juga terhadap materi yang disampaikan.

Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakanadobe flash pada materi menggambar wajah wanita dewasa untuk siswa kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Negeri 1 Turen sebagai penunjang pembelajaran.

Pengembangan media pembelajaran menggambar wajah didasarkan pada langkah-langkah pengembangan media menurut Sadiman yang terdiri dari 8 tahap yaitu: (1) identifikasi kebutuhan, (2) perumusan  tujuan, (3) perumusan butir-butir materi, (4) perumusan alat ukur, (5) penulisan naskah media, (6) test/uji coba, (7) revisi, dan (8) naskah siap produksi. Kelayakan media yang dikembangkan dinilai oleh 3 ahli terdiri dari satu dosenTeknologi Pendidikan, satu dosen Tata Busana dan satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penilaian berdasarkan kelayakan isi dan penyajian. Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan didasarkan pada pencapaian pada tahap uji coba meliputi uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Uji perorangan bertujuan untuk mengetahui kepemahaman siswa secara terbatas berupa saran dan kometar yang kemudian dianalisis dan direvisi. Uji kelompok kecil dilakukan pada 12 orang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan akademik yang kemudian dianalisis dan direvisi untuk uji lapangan. Uji lapangan didilakukan pada 35 siswa yang kemudian dianalisis dan menjadi hasil akhir produk media sebagai media pembelajaran.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi media, materi, dan bahasa mengatakan “layak”. Kelayakan pada uji kelompok kecil dengan 12 peserta didik sebesar 93%, dan pada uji lapangan dengan 35 peserta didik sebesar 93%, dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil dari para ahli dan uji coba siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adobe flash menggambar wajah untuk siswa kelas XI SMK Negeri 1 Turen dapat dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.