SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

minat siswa SMP untuk melanjutkan studi ke jurusan tata busana di SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang

Niken Wilastyaningrum

Abstrak


ABSTRAK

Wilastyaningrum, Niken. 2017. Minat Siswa SMP untuk Melanjutkan Studi ke Jurusan Tata Busana di SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nurul Aini, M.Pd, (II) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd.

Kata Kunci:Minat, Melanjutkan Studi, Jurusan Tata Busana, SMK Negeri 1  Gedangan

Minat adalah suatu keinginan yang cenderung menetap pada diri seseorang untuk mengarahkan pada suatu pilihan tertentu sebagai kebutuhannya, kemudian dilanjutkan untuk diwujudkan dalam tindakan yang nyata dengan adanya perhatian pada obyek yang diinginkan untuk mencari informasi sebagai wawasan bagi dirinya. Minat melanjutkan studi ke jurusan tata busana di SMK Negeri 1 Gedangan  adalah suatu keadaan dimana seseorang menaruh perhatian dan ketertarikan pada pendidikan khususnya jurusan tata busana serta disertai keinginan untuk mengetahui, memiliki, memperlajari dan membuktikan dengan salah satu pendidikan tersebut. Faktor yang mempengaruhi minat siswa pada studi lanjut antara lain: pengalaman dini sekolah, pengaruh orang tua, sikap saudara kandung, sikap teman sebaya, penerimaan oleh kelompok teman sebaya, penerimaan oleh kelompok teman sebaya, keberhasilan akademik, sikap terhadap pekerjaan, dan hubungan guru dan murid.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Minat Siswa SMP untuk Melanjutkan Studi ke Jurusan Tata Busana di SMK Negeri 1 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan di 10 SMP yang berada di Kecamatan Gedangan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa SMP kelas IX yang berada di Kecamatan Gedangan. Sampel penelitian ini berjumlah 171 siswa yang berada di kelas IX dan menggunakan teknik proposional random sampling.

Hasil penelitian tentang Minat Siswa SMP untuk Melanjutkan Studi ke Jurusan Tata Busana di SMK Negeri 1 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang menunjukkan bahwa indikator motivasi sebanyak 4% berada pada kategori sangat tinggi, 43% siswa berada pada kategori tinggi, 48% berada pada kategori sedang, dan sebanyak 5% berada pada kategori rendah.Hasil indikator cita-cita menunjukkan bahwa sebanyak 5 % berada pada kategori sangat tinggi, persentase 30% berada pada kategori tinggi, 51% berada pada kategori sedang, dan sebanyak 14% berada pada kategori rendah. Hasil penelitian dengan indikator keinginan berada pada kategori sangat tinggi sebesar 2%, sebanyak 37% berada pada kategori tinggi, 35% berada pada kategori sedang, dan sebanyak 26% berada pada kategori rendah. Hasil penelitian faktor ektrinsik dengan indikator keluarga menunjukkan bahwa sebesar 5% berada pada kategori sangat tinggi, sebanyak 27% berada pada kategori tinggi, sebanyak 49% berada padakategori sedang, dan pada kategori rendah sebanyak 19%. Indikator sekolah menunjukkan bahwa sebesar 9% berada pada kategori sangat tinggi, sebanyak 51% berada pada kategori tinggi, pada kategori sedang sebanyak 32%, sedangkan sebanyak 8% berada pada kategori rendah. Indikator masyarakat menunjukkan bahwa sebanyak 2% berada pada kategori sangat tinggi, 25% berada pada kategori tinggi, sebanyak 51% berada pada kategori sedang, sedangkan sebanyak 22% berada pada kategori rendah. Hasil dari rekapitulasi menunjukkan bahwa minat siswa SMP untuk melanjutkan studi ke jurusan tata busana di SMK Negeri 1 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang,setengah dari siswa minat untuk melanjutkan studi ke jurusan tata busana di SMK Negeri 1 Gedangan dengan persentase sebesar 50%.