SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

motivasi mahasiswa pendidikan tata busana dalam penyelesaian skripsi (studi kasus mahasiswa tata busana angkatan tahun 2011)

yesie octavia

Abstrak


ABSTRAK

 

Octavia, Yesie. 2017. Motivasi Mahasiswa  PendidikanTata Busana dalam Penyelesaian Skripsi(Studi Kasus Mahasiswa Tata Busana Angkatan Tahun 2011). Skripsi, Program StudiPendidikan Tata Busana, JurusanTeknologiIndustri, FakultasTeknikUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) AgusSunandar, S.Pd, M.Sn, (II) AnikDwiastuti, S.T,  M.T.

 

Kata Kunci: Motivasi Mahasiswa, Skripsi

Motivasimerupakansuatudorongan, baikdaridalam (Intrinsik)maupundariluardiriseseorang (Ekstrinsik)dandenganberbagaimacambentuk yang mendorongseseoranguntukmelakukansuatuperbuatan yang dilandasidarimotivasitersebut. Motivasi tersebut di butuhkan mahasiswa dalam untuk mendorong mereka dalam menyelesaian skripsi.

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuimotivasi mahasiswa tata busana angkatan tahun 2011 dalam penyelesaian skripsi.Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalahmahasiswa Program Studi Tata Busana angkatan 2011 yang masih aktif di kampus yang terdiridari56responden. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 45 responden. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angkettertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan persentase.

Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Motivasiintrinsikdenganlatarbelakangfaktorpsikologicukupmemotivasimahasiswadalampenyelesaianskripsi, yang didukungolehbakatdalammenulis, membaca, danberkomunikasi. Sedangkanpencapaiancita-citauntukbisabekerja di perusahaan-perusahaantertentusetelahselesaimenyusunskripsihanyamemberikansedikitsumbangandalamhalmeningkatkanmotivasidalampenyelesaianskripsi. (2)Motivasiekstrinsikdenganlatarbelakangfaktorlingkungankeluarga, faktorlingkungansekolahatautempatmenitihilmu, danfaktormasyarakatcukupmemotivasimahasiswadalampenyelesaianskripsi.

 

Saran yang dapatpenelitiajukanadalah(1) Diharapkanbagimahasiswadalammemilihanjudulskripsihendaknyadisesuaikandenganbakat, minat, sertakemampuanmahasiswa agar mahasiswadapattermotivasidalampenyelesaiannyadandapatmenyelesaikanmasastuditepatwaktusesuaidenganjatah semester yang di berikanUniversitas. (2) Diharapkanbagidosenpembimbingdapatmemberikanmasukan-masukan yang mampumembangkitkanmotivasimahasiswadalampenyelesaianskripsi, sehinggameminimalisirjumlahketerlambatankelulusanmahasiswa di jurusanTeknologiIndustri. (3) Diharapkanbagi Prodi Pendidikan Tata Busanahendaknyameningkatkanlayananadministrasi agar signifikandenganpeningkatanmotivasimahasiswadalampenyelesaianskripsi.