SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATAKULIAH PRAKTIK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Intan Rizky Ikasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Ikasari, Intan Rizky. 2017. Hubungan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Praktik Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana.Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Esin Sintawati, M.Pd, (II) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd.

 

Kata Kunci: latar belakang pendidikan, hasil belajar, matakuliah praktik

Rata-rata hasil belajar Matakuliah Teknik Pembuatan Busana Wanita pada mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan tahun 2012, 2013, dan 2014 terdapat persamaan yaitu rata-rata hasil belajar mahasiswa yang berasal dari non SMK Tata Busana sebesar 3,3 dan mahasiswa yang berasal dari SMK Tata Busana sebesar 3,41. Rata-rata tersebut termasuk dalam kategori nilai B+ yang menunjukkan nilai yang sangat memuaskan sehingga peneliti ingin meneliti hubungan hasil belajar matakuliah praktik mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana dengan latar belakang pendidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan keeratan hubungan antara latar belakang pendidikan dengan hasil belajar matakuliah praktik pada mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang  angkatan 2012 sampai dengan 2014. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah diduga ada hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan dengan hasil belajar matakuliah praktik pada Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang angkatan 2012 sampai dengan angkatan 2014. Kegunaan penelitian: (1) bagi lembaga, dapat memberikan informasi ilmiah dan memberikan masukan kepada lembaga program studi S1 Pendidikan Tata Busana tentang hubungan latar belakang pendidikan dengan hasil belajar matakuliah praktik sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pendukung dalam pengkajian hasil belajar matakuliah praktik, (2) Bagi peneliti, dapat menambah wawasan, pengalaman, dan pengetahuan mendalam, (3) Bagi peneliti lain, dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian yang sejenis.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2012 sampai dengan angkatan 2014 sebanyak 166 mahasiswa. Sampel penelitian ini sebanyak 117 mahasiswa dengan taraf kepercayaan 95% dan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel cluster. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik inferensisal. Uji prasyarat yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data menggunakan metode one sample kolmogorov smirnovdan uji homogenitas sampel menggunakan uji bartlett dengan SPSS 21. Selain itu, uji hipotesis pada penelitian ini menggunakanKorelasi Product Moment Pearson karena data normal dan homogen.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan dengan hasil belajar matakuliah praktik mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang angkatan 2012 sampai dengan angkatan 2014. Saran:(1) Bagi lembaga, sebaiknya menerapkan secara nyata persyaratan penerimaan mahasiswa baru di program studi S1 Pendidikan Tata Busana yaitu yang berasal berbagai sekolah menengah seperti SMK, SMA, MAN, MAK, paket C, dan yang sederajat (2) Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai kajian untuk penelitian lebih lanjut dan diarahkan untuk meneliti tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar matakuliah praktik secara spesifik serta perbedaan tingkat kesulitan masing-masing matakuliah praktik (3) Bagi peneliti, sebaiknya dapat mempublikasikan hasil penelitian agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.