SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keterserapan Alumni Program Keahlian Busana Butik SMK Negeri 5 Malang Tahun Angkatan 2012/2013 di Lapangan Pekerjaan

Putri Mia Minarti

Abstrak


ABSTRAK

 

Keterserapan alumni adalah kemampuan atau kekuatan melakukan sesuatu untuk bertindak dalam menyerap seseorang yang sudah lulus dari ujian serta memperoleh sesuatu yang lebih menguntungkan dari sebelumnya dengan menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menghasilkan alumni yang siap kerja dan dapat terjun ke dunia Industri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterserapan alumni Program Keahlian Busana Butik SMK Negeri 5 Malang tahun angkatan 2012/2013 di Lapangan Pekerjaan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini mengunakan sampel jenuh, dengan menggunakan seluruh populasi menjadi sampel penelitian sebanyak 81 orang. Hal tersebut bertujuan untuk dapat mengetahui gambaran sebenarnya dari suatu populasi. Sampel pada penelitian ini adalah alumni Program Keahlian Busana Butik SMKN 5 Malang tahun angkatan 2012/2013. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan angket tertutup. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dan uji reliabilitas menggunakan tes-retes yang kemudian diukur menggunakan koefisien korelasi pearson. Teknik analisa data yang digunakan adalah persentase frekuensi data.

Hasil dari temuan peneletian ini diketahui bahwa alumni Program Keahlian Busana Butik SMK Negeri 5 Malang lebih banyak terserap di lapangan pekerjaan bidang non busana, meliputi tenaga tata usaha jasa dan tenaga, tenaga tata usaha, tenaga pengolahan dan kerajinan, dan buruh atau tenaga kebersihan. Alumni Program Keahlian Busana Butik SMK Negeri 5 Malang lebih banyak terserap di ruang lingkup pekerjaan swasta. Para alumni yang terserap bekerja di bidang busana meliputi, karyawan di Butik, karyawan di modiste, karyawan di garmen dan yang berwirausaha. Alumni yang tidak bekerja melanjutkan studi  ke UM, UB, UMM, Politeknik Negeri Malang, UIN, dan Unisma. Sedangkan alumni lainnya juga melanjutkan studi ke sekolah ketrampilan selain bidang busana yaitu melanjutkan studi ke Sekargegani Malang.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, maka saran yang ditulis peneliti yaitu: (1) bagi SMK, Pihak SMK diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini mampu menjadikan tolak ukur dan bahan evaluasi sekolah untuk lebih menyiapkan ketrampilan siswa selama di SMK agar menjadi lulusan yang memiliki ketrampilan sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja bidang busana.; (2) bagi Industri, Industri diharapkan dapat membuka peluang kerja bagi lulusan untuk bekerja di industri dan bekerja sama dengan sekolah (SMK) untuk mengetahui tenaga kerja; (3) bagi Alumni, Alumni sebaiknya mengikuti acara Bursa Kerja atau Job Fair untuk dapat menemukan informasi mengenai lowongan pekerjaan, dan (4) bagi Peneliti lain, mengembangkan penelitian ini pada tahun-tahun berikutnya.