SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Preferensi Konsumen pada Makrame di Desa Karangduren Pakisaji

irva widiyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Makrame merupakan usaha kerajinan tangan berupa tas dan dompet yang berada di Desa Karangduren. Penelitian ini meneliti 4 kelompok usaha makrame di Desa Karangduren. Peneliti menemukan masalah dalam kelompok usaha tersebut. Permasalahan tersebut yaitu pengrajin mampu membuat makrame tetapi belum mengetahui cara memasarkan dengan baik. Berdasarkan permasalahan yang ada perlu diketahui bagaiamana minat konsumen sehingga, diketahui kesukaan konsumen terhadap produk tersebut. Masalah dari usaha makrame tersebut membutuhkan solusi yaitu perlunya meneliti tentang preferensi konsumen pada makrame di Desa Karangduren Pakisaji.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui preferensi konsumen pada produk makrame di Desa Karangduren Pakisaji. Penelitian ini merupakan penelitian deskirptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengetahui dan memahami produk makrame sebagai respondennya. Sampel penelitian sejumlah 68 responden yang diambil berdasarkan tabel penentuan sampel dengan taraf kesalahan  10%.

Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai keindahan pada produk tas makrame dipilih dan disukai karena, atribut bentuk jadi yakni kesesuaian warna pada makrame, kombinasi warna muda dengan warna tua, dan jenis peggunaan tali tas yang indah yaitu tali simpul  sedangkan pada produk dompet makrame, nilai keindahan yang dipilih dan disukai karena, bentuk jadi makrame, kombinasi warna yang senada, dan desain dompet berzipper. Nilai unik yang dipreferensikan terhadap produk tas dan dompet makrame terdapat pada hasil jadi makrame, kombinasi dua simpul, dan kesan garis vertikal serta garis zigzag sedangkan pada produk dompet makrame nilai unik terlihat dari hasil jadi makrame, jumlah kombinasi dua simpul, dan kesan garis zigzag. Kekuatan simpul yang kencang pada tas dan dompet makrame merupakan ukuran kualitas yang dipreferensikan dari nilai daya tahan. Sesuai dengan fungsi produk, ukuran sedang lebih disukai pada tas dan dompet makrame dibandingkan ukuran kecil dan ukuran besar.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tas dan dompet makrame yang lebih disukai adalah produk N Handmade dibandingkan produk milik Bu Marmi sehingga dapat disarankan bahwa pengrajin produk Bu Marmi perlu meningkatkan unsur-unsur yang meliputi: bentuk jadi, kombinasi warna, hasil jadi, kombinasi jumlah warna tali, kesan garis dan kekuatan simpul agar dapat bersaing dengan produk lain.