SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Tema Tugas Akhir (TA) Mahasiswa D3 Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (TAHUN 2012-2015)

Emilia Permatasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Permatasari, Emilia. 2017. Identifikasi Tema Tugas Akhir (TA) Mahasiswa D3 Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (Tahun 2012-2015). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd.

 

Kata kunci: Identifikasi, Tema Tugas Akhir (TA), Mahasiswa D3 Tata Busana, Angkatan Tahun 2012-2015

Cipta Busana dan Peragaan mewajibkan mahasiswa dapat menentukan tema Global Fashion Forcasting, mencipta gambar desain busana original dengan sub terpilih, mewujudkan dan mempergelarkan hasil ciptaannya.  Cipta Busana dan Peragaan sebagai mata kuliah yang memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang desain busana indah dengan teknik penyelesaian adi busana dan perlengkapan dari berbagai material busana, teknik hiasan, penyelenggaraan peragaan busana serta pelaporan kegiatannya.

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi Tugas Akhir (TA) berdasarkan tema-tema yang dijadikan acuan pada pembuatan karya tulis Tugas Akhir (TA) D3 Tata Busana Jurusan Teknologi Industri mulai tahun 2012 sampai dengan 2015 yang ada di perpustakaan Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan wawancara untuk mengelompokkan data Tugas Akhir (TA) Prodi D3 Tata Busana dalam penelitian yang ada di perpustakaan di Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2012 sampai 2015 berdasarkan tahun kelulusan, sub tema, judul dan inti dari tema judul Tugas Akhir (TA).

Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: Tema cipta busana dan pagelaran dari tahun 2012 sampai 2015 antara lain adalah Remix Cosmic, Artculturation, Revolutia de moda  dan Rehabiart Look. Tema Remix Cosmic memiliki empat topik/sub tema yang secara keseluruhan telah sesuai dengan tema cipta busana dan peragaan. Tema Artculturation memiliki tiga belas topik yang sepuluh topik/sub tema diantaranya sesuai dengan tema dan tiga yang lainnya tidak sesuai dengan tema cipta busana dan peragaan. Tema Revolutia de moda memiliki Sembilan topik/sub tema yang secara keseluruhan sesuai dengan tema cipta busana dan peragaan; dan terakhir tema Rehabiart Look memiliki tujuh topik/sub tema yang secara keseluruhan sesuai dengan tema cipta busana dan peragaan. Jadi, dari tiga puluh tiga tema cipta busana dan pagelaran dari tahun 2012 sampai 2015, tiga puluh diantaranya sesuai dengan tema cipta busana dan peragaan, sedangkan tiga lainnya tidak sesuai dengan tema cipta busana dan peragaan. Jika dihitung secara keseluruhan presentase dari tahun 2012 hingga 2015 yang tidak sesuai ada  9,1%, sedangkan presentase keseluruhan yang sesuai dari tahun 2012 hingga 2015 ada 90,9%.

 

Saran sebagai berikut: 1) Dikarenakan mata kuliah ini sangat penting dalam memberikan pengalaman kepada mahasiswa, untuk judul Tugas Akhir (TA) selanjutnya agar lebih membahas tentang tema yang akan dipilih, mulai dari bahan, aksesoris serta milinaries yang dikenakan. 2) Bagi lembaga agar lebih memperhatikan mahasiswa yang tidak melanjutkan atau mengundurkan diri.