SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Motivasi Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana untuk Bekerja Sambil Kuliah

Yovita Tri Wahyu Dian Indahwati Wijaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijaya, Yovita Tri Wahyu Dian Indahwati. 2017. Identifikasi Motivasi Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana untuk Bekerja Sambil Kuliah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Busana, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Esin Sintawati, M.Pd., (II) Agus Sunandar, S.Pd., M.Sn.

 

Kata kunci: Motivasi, Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana, Bekerja Sambil   Kuliah.

Motivasi merupakan proses psikologis yang berupa daya dorong bagi individu untuk melakukan suatu hal demi tercapainya suatu tujuan yang diinginkan. Motivasi dapat dilakukan secara sadar maupun tidak sadar. Berkaitan dengan mahasiswa yang bekerja, maka muncul pula motivasi yang mendasari, atau dapat dikatakan motivasi kerja. Motivasi untuk bekerja mahasiswa sangat beragam dan tidak dapat disamaratakan antara satu mahasiswa dengan yang lainnya. Berdasarkan fakta tersebut, penulis ingin mengetahui motivasi untuk bekerja apa saja yang melatarbelakangi mahasiswa untuk bekerja sambil kuliah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi motivasi mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana untuk bekerja sambil kuliah.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 357 mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana yang aktif pada semester ganjil tahun 2016/2017. Sampel penelitian berjumlah 187 responden yang menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian tentang motivasi mahasiswa untuk bekerja sambil kuliah yaitu terdapat beberapa faktor yang mendukung dan kurang mendukung motivasi untuk bekerja mahasiswa. Faktor yang mendukung motivasi mahasiswa untuk bekerja adalah faktor hubungan dengan lingkungan kerja, hubungan interpersonal, memiliki dampak bagi orang lain dan lingkungan, dan lingkungan dapat menggali potensi dan keahlian. Sedangkan faktor yang kurang mendukung motivasi mahasiswa untuk bekerja adalah faktor makan dan minum, tempat tinggal, pakaian, penghasilan, dan mempengaruhi orang lain dan lingkungan sekitar.

Saran yang diberikan pada penelitian ini yaitu mahasiswa sebaiknya fokus pada motivasi untuk bekerja yang dimiliki, sehingga dapat mencapai hasil maksimal.