SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Faktor Penentu Produktivitas Tenaga Kerja Jahit di CV Amarta Wisesa Malang

Ella Alwiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Alwiyah, Ella. 2017. Studi Faktor Penentu Produktivitas Tenaga Kerja Jahit di CV Amarta Wisesa Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Busana, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Anik Dwiastuti, S.T., M.T., (II) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd.

 

Kata Kunci: Faktor Penentu, Produktivitas Tenaga Kerja Jahit, CV Amarta Wisesa.

CV Amarta Wisesa merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang industri apparel, yaitu memproduksi pakaian dalam jumlah besar. Peneliti menemukan beberapa masalah pada perusahaan ini. Salah satu permasalahan tersebut yaitu mobilitas tenaga kerja yang sangat tinggi. Banyak tenaga kerja yang pindah kerja dalam waktu yang relatif singkat dan diganti karyawan baru sehingga dapat menghambat proses produksi. Permasalahan klasik lainnya yaitu terdapat barang hilang (loss) dan barang cacat (defect) pada lini produksi. Hal tersebut secara langsung akan mempengaruhi hasil produksi menjadi tidak optimal. Hasil yang tidak optimal tersebut berkaitan dengan produktivitas kerja yang juga tidak optimal. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mendeskripsikan faktor penentu produktivitas tenaga kerja jahit di CV Amarta Wisesa.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji faktor-faktor yang menentukan produktivitas tenaga kerja jahit di CV Amarta Wisesa yang meliputi pengalaman kerja, motivasi, dan keterampilan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah tenaga kerja jahit di CV Amarta Wisesa sebanyak 42 orang. Adapun sampel penelitian sejumlah 36 orang diambil berdasarkan tabel penentuan sampel yang dikembangkan oleh Isac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%.

Hasil penelitian di lapangan tentang faktor-faktor penentu produktivitas kerja penjahit di CV Amarta Wisesa menunjukkan variabel faktor-faktor yang menentukan produktivitas kerja operator jahit termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat diartikan bahwa penjahit-penjahit pada perusahaan tersebut memiliki pengalaman, motivasi internal, motivasi eksternal, dan keterampilan yang sangat baik. Namun juga ditemukan sedikit penjahit memiliki pengalaman, motivasi internal, motivasi eksternal, dan keterampilan yang masih kurang baik.

Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu CV Amarta Wisesa diharapkan untuk melengkapi alat-alat pelindung diri untuk keryawannya. Hal terebut berdasarkan hasil penelitian yang menyatakan fasilitas pelindung diri masih kurang memenuhi. Selain itu juga diharapkan tenaga kerja jahit dapat mempelajari penyebab-penyebab kerusakan mesin seperti penyebab putusnya benang, jarum patah, dinamo mati, komponen atau alat aus, dan lain-lain sehingga produktivitas mereka dapat lebih tinggi.