SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TANGGAPAN MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA ANGKATAN 2014 TERHADAP PERANCANGAN PROTOTYPE WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI PAMERAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Sanyya Regina Delinda

Abstrak


ABSTRAK

 

Regina, Sanyya. 2017. Tanggapan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata BusanaAngkatan 2014 Terhadap Perancangan Prototype Website Sebagai MediaInformasi Pameran Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program StudiPendidikan Tata Busana, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas TeknikUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. HapsariKusumawardani, M.Pd., (II) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd.

 

Kata Kunci: prototype website, pameran, media informasi

Pameran merupakan mata kuliah yang ditempuh oleh mahasiswa program studi Tata Busana yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam bidang busana. Mata kuliah ini merupakan pencapaian keberhasilan dari semua mata kuliah praktik, diantaranya mata kuliah desain sketsa, kontruksi pola dan pecah model, kriya tekstil, tailoring, teknik menjahit adi busana, dan lain sebagainya. Kegiatan pameran membutuhkan media informasi untuk mendukung kegiatan agar terselenggara dengan baik dan dapat menarik perhatian masyarakat. Prototype website merupakan sebuah bahan rancangan sebelum membuat website yang dapat dijadikan sebagai media informasi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tanggapan mahasiswa prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2014 terhadap perancangan prototype website sebagai media informasi pameran. Rancangan penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang angkatan 2014 yang akan mengikuti mata kuliah pameran dengan jumlah total populasi 43 mahasiswa. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan validasi isi dan instrumen yang digunakan adalah kuisioner (angket) tertutup. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan persentase.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa tanggapan mahasiswa prodi S1 Tata Busana angkatan 2014 terhadap perancangan prototype website sebagai media informasi pameran Universitas Negeri Malang sebagai berikut: (1) tanggapan mahasiswa terhadap keserasian warna dalam prototype website sejumlah 63% dinyatakan mahasiswa merasa setuju. (2) tanggapan mahasiswa terhadap konten gambar yang terdapat dalam prototype website sejumlah 79% menyatakan setuju dan tertarik. (3) tanggapan mahasiswa terhadap konten huruf yang terdapat dalam prototype website sejumlah 81% menyatakan setuju. (4) tanggapan mahasiswa terhadap kejelasan prototype website sejumlah 77% menyatakan bahwa mahasiswa setuju. (5) tanggapan mahasiswa terhadap konten bahasa dalam prototype website 91% menyatakan bahwa mahasiswa setuju. (6) tanggapan mahasiswa terhadap fungsi website 67% menyatakan bahwa mahasiswa merasa setuju.

Saran penelitian (1) rancangan prototype website lebih memperhatikan komposisi warna dalam desain layout sehingga keserasian warna dapat terjalin dengan lebih baik. (2) hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya yaitu sebagai dasar untuk merealisasikan website pameran yang sebenarnya.