SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen)

Rohmatul Ula Akmala

Abstrak


ABSTRAK

 

Gaya belajar merupakan cara yang dipakai seseorang untuk menangkap, mengatur, serta mengolah informasi yang diterima dalam proses belajar. Gaya belajar terdiri dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Fasilitas belajar adalah segala sesuatu yang dapat menunjang kelancaran proses belajar siswa di sekolah. Siswa tentu dapat belajar dengan baik dan menyenangkan bila bisa menemukan gaya belajar mereka dan sekolah dapat memenuhi segala kebutuhan belajar siswa sehingga bisa mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Penelitian ini bertujuan untuk (1)mendeskripsikan bagaimana gaya belajar dan fasilitas belajar serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X di Smk Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2a)mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2b)mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2c)mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3)mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasional.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. (1)Siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen mayoritas memiliki gaya belajar visual. Gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik siswa cukup baik, mendapatkan fasilitas belajar yang baik, dan memiliki rata-rata hasil belajar mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran yang baik. (2a)Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2b)Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2c)Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.