SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Preferensi Konsumen pada NEGI Batik Tulis Mojokerto

Elok Rosyida Proposalia

Abstrak


ABSTRAK

 

Batik Tulis NEGI Mojokerto merupakan rumah industri batik, yaitu memproduksi kain batik khas Majapahit. Peneliti menemukan beberapa masalah pada perusahaan ini. Permasalahan tersebut yaitu kurang memaksimalkan pemasaran di wilayah Mojokerto sendiri, serta penjualan tidak bisa sampai ke luar kota karena terlalu banyak pesaing batik pada setiap wilayah di Indonesia. Serta permasalahan selanjutnya adalah memiliki varians produk yang cukup banyak, sehingga pemilik usaha merasa kesulitan untuk memetakan produk unggulannya. Berbagai macam permasalahan tersebut membutuhkan solusi yaitu perlunya meneliti tentang preferensi konsumen pada NEGI Batik Tulis Mojokerto.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui preferensi konsumen pada produk NEGI Batik Tulis Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang memiliki pengalaman dengan produk kain batik NEGI sebagai konsumennya. Sampel penelitian sejumlah 54 responden yang diambil berdasarkan tabel penentuan sampel yang dikembangkan oleh Isac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Preferensi Konsumen pada Batik Tulis NEGI Mojokertomenyatakan bahwa motif yang paling disukai oleh responden adalah motif Batik Surya Tabur Kedele. Keindahan motif ini hampir seluruh diwakili oleh perpaduan motif yang sesuai terlihat dari hanya memiliki satu motif sebagai ornamen utama. Keunikan motif ini cenderung diwakili oleh penamaan batik yang sesuai terlihat dari nama batik sudah saling menjelaskan apa yang menjadi motif batik. Serta daya tahan motif ini hampir seluruh diwakili oleh bahan kain yang berkualitas terlihat dari jenis kain katun dengan kualitas terbaik.

Saran yang terkait dengan kesimpulan di atas: (1) Berdasarkan hasil penelitian ini, pemilik usaha perlu mempertahankan dimensi yang sudah baik atau berkualitas yakni produk Batik Tulis NEGI Mojokerto yang disukai oleh para konsumen, serta berusaha terus untuk meningkatkan kualitas produk dengan mengembangkan unsur keindahan, keunikan, dan daya tahan pada produk Batik Tulis NEGI Mojokerto, (2) Bagi pemilik usaha perlu mempertahankan semua motif yang diteliti oleh peneliti. Pada motif Batik Maja Pahit dan motif Batik Mojo Pupus lebih diperkuat lagi pada daya tahan/keawetan produk yaitu pada kekuatan kain batiknya, serta pada motif Surya Tabur Kedele lebih diperkuat lagi pada pada daya tahan/keawetan produk yaitu pada kelenturan kain batiknya, (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat meneliti tentang preferensi konsumen pada batik dengan brand lain di kota Mojokerto, atau dapat menggunakan obyek lain dan lebih luas tentang kualitas produk batik yang ada di daerah lain.