SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Duta Wisata dalam Mempromosikan Batik Tulis Bromo Khas Kabupaten Probolinggo

Putri Dhyan Rushella, Putri Dhyan Rushella

Abstrak


ABSTRAK

Putri Dhyan Rushella. 2016. Upaya Duta Wisata dalam Mempromosikan Batik Tulis Bromo Khas Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Tata Busana. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd, (II) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd.

Kata Kunci: Batik Bromo, Batik Tulis.

Gunung Bromo memiliki potensi alam yang sangat indah, sehingga banyak dijadikan inspirasi dalam pembuatan motif batik tulis khas Kabupaten Probolinggo. Maka dari itu untuk meningkatkan citra daerah Kabupaten Probolinggo dinas pariwisata mendukung batik bromo sebagai wadah untuk peningkatan perekonomian di masyarakat Tengger Bromo dan sekaligus mempromosikan objek-objek pariwisata di Kabupaten Probolinggo sehingga dapat menarik kunjungan masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya duta wisata dalam mempromosikan batik tulis bromo khas kabupaten probolinggo.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi Penelitian berada di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yaitu Disbudpar Probolinggo yang terletak di Jl. Raya Panglima Sudirman No. 1

Dringu Kabupaten Probolinggo. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, penarikan simpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik, dan sumber. Proses penelitian dilakukan selama dua bulan, pada tanggal 9 November 2015 sampai 6 Desember 2015.

Pada hasil penelitian, disimpulkan bahwa upaya duta wisata dalam mempromosikan batik tulis bromo khas kabupaten probolinggo memulai empat hal: sosialisasi sekolah, membentuk paguyuban batik, mengunjungi pameran batik, dan melalui pemilihan duta wisata. Sosialisasi Sekolah dilakukan dengan cara door to door duta  memperkenalkan batik tulis bromo di sekolah – sekolah kabupaten probolinggo. Media pada sosialisasi sekolah dengan menggunakan LCD, lembar presentasi, batik tulis bromo. Membentuk paguyuban batik, Adanya paguyupan batik oleh duta wisata Kabupaten Probolinggo ini diharapkan dapat efektif dalam memajukan industri batik yang ada di Kabupaten Probolinggo. Nama dari paguyuban batik oleh duta wisata yaitu Pakayu Batik. Dalam proses pembuatan batiknya Pakayu Batik memiliki beberapa tahapan yang dimulai dari menggambar dari pola kertas hingga akhir pewarnaan. Kemudian gambar desain yang sudah terpilih dikonsultasikan untuk menjadikan batik tersebut mempunyai nilai tambah menjadi baju atau kebaya. Duta wisata mengunjungi pameran batik dengan ikut serta memasarkan batik tulis bromo yang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo. Melalui pemilihan duta wisata kabupaten probolinggo, Duta Wisata menampilkan fashion show dipemilihan duta wisata Kabupaten Probolinggo 2015 dengan busana batik bermotifkan batik tulis Bromo batik khas Kabupaten Probolinggo yang tujuannya memperkenalkan batik khas Kabupaten Probolinggo kepada para tamu instansi dan pejabat penting setiap berkunjung ke kabupaten Probolinggo.

 

Saran yang dapat disampaikan penulis dalam skripsi ini adalah (1) Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo, disarankan untuk mengadakan pelatihan atau lomba- lomba membatik agar menambah kreatifitas pengrajin Batik tulis Bromo. (2) Bagi Dinas Kebudayaan  dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo, agar Batik tulis Bromo dapat dikenal oleh masyarakat luas khususnya didalam ataupun diluar Kabupaten Probolinggo, maka dapat diperkenalkan melalui kegiatan pameran nasional atau diadakannya gelar potensi di Kabupaten Probolinggo khususnya. (3) Saran bagi Duta Wisata ; Diharapkan kegiatan promosi lebih digencarkan, mengingat  Batik tulis Bromo dikatakan kurang dikenal karena kurangnya media promosi. Batik tulis Bromo agar tidak diklaim oleh daerah lain, disarankan kepada duta wisata untuk lebih melestarikan Batik tulis Bromo Kabupaten Probolinggo. (4) Pada penelitian ini diharapkan budayawan yang ada di Kabupaten Probolinggo dapat ikut serta mendampingi dan menjadi narasumber dalam pengembangan Batik tulis Bromo.