SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Tingkat Kemampuan Pengendalian Konflik Oleh Manajer Dengan Kinerja Karyawan Di Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang

Amy Fatimah Amy Fatimah

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Fatimah, Amy. 2010. Hubungan Tingkat Kemampuan Pengendalian Konflik Oleh Manajer Dengan Kinerja Karyawan Di Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri. Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M. Pd, (2) Dra. Wiwik Wahyuni, M. Pd

 

Kata Kunci: pengendalian, konflik, kinerja, FTR.

 

Konflik dapat terjadi dimanapun, termasuk di lingkungan mahasiswa. Salah satu contohnya yaitu di Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang (FTR UM). FTR UM merupakan laboratorium praktikum untuk matakuliah Manajemen Usaha Restoran (MUR) bagi mahasiswa Usaha Jasa Restoran (UJR), dimana mahasiswa UJR berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Berkumpulnya individu dalam suatu kelompok dengan latar belakang status, tujuan, persepsi yang berbeda untuk bekerjasama pasti akan menimbulkan konflik, baik yang besar maupun yang kecil. Konflik dapat mempengaruhi kinerja, dan sebagai pimpinan tertinggi dalam organisasi, manajer dituntut untuk mampu menciptakan suasana yang harmonis agar tidak terjadi konflik yang akan berdampak negatif pada kinerja. Oleh karena  itu, perlu dilakukan pengendalian konflik untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: tingkat kemampuan pengendalian konflik oleh manajer pada saat pengelolaan FTR UM periode Agustus 2008 hingga Oktober 2009, kinerja karyawan di FTR UM pada periode Agustus 2008 hingga Oktober 2009, hubungan antara tingkat kemampuan pengendalian konflik oleh manajer dengan  kinerja karyawan di FTR UM.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional, dilaksanakan di FTR UM dengan populasi sebanyak 26 orang,teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa UJR yang telah melaksanakan praktik mengelola FTR UM pada periode Agustus 2008 hingga Oktober 2009. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: tingkat kemampuan pengendalian konflik oleh manajer ada pada kategori sangat tinggi dengan prosentase skor sebanyak 88,46%, kualitas kinerja karyawan termasuk pada kategori tinggi dengan prosentase skor sebesar 73,08%, dan  ada hubungan antara tingkat kemampuan pengendalian konflik oleh manajer dengan kinerja karyawan di FTR UM yang dinyatakan dengan koefisien korelasi sebesar 0,523.

Terdapat beberapa saran untuk penelitian ini, diantaranya: diharapkan kepada manajer FTR UM untuk tetap berusaha mempertahankan kemampuan dalam mengendalikan konflik di lingkungan kerja, kepada para karyawan FTR UM diharapkan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas kinerjanya dengan cara banyak mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan/skill masing-masing, sehingga dapat mewujudkan tujuan organisasi bersama-sama dengan manajer. Bagi jurusan Teknologi Industri diharapkan untuk memberikan pembekalan pada para mahasiswa UJR terutama mahasiswa Tata Boga baik secara teori maupun praktik untuk memberikan tambahan mata kuliah ataupun mengundang para praktisi/konsultan di bidang restoran yang dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola restoran atau usaha-usaha sejenis lainnya. Perlu diadakan penelitian lebih lanjut agar diperoleh informasi yang lebih lengkap dan luas dengan menjadikan penelitian ini sebagai referensi.