SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Preferensi Konsumen pada Produk “Fath Bordir” Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan

ANDRIANIS YOVITA

Abstrak


ABSTRAK

Andrianis,Yovita. 2016. Preferensi Konsumen pada Produk “Fath Bordir” Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing:(I) Anik Dwiastuti, S.T, M.T (II) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd.

Kata Kunci: Preferensi konsumen,Produk Fath Bordir, Industri kecil menengah di kecamatan Bangil.

Produk bordir di daerah Bangil merupakan hasil karya masyarakat yang menjadi icon di Kabupaten Pasuruan, merupakan usaha turun temurun yang harus dilestarikan. Mengingat kerajinan bordir yang harus dilestarikan perlu juga memperhatikan poin-poin yang berkaitan dengan preferensi konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memaparkan preferensi konsumen pada produk Fath Bordir Bangil meliputi (produk kerudung, mukena, baju koko, lenan rumah tangga). Membentuk preferensi konsumen terhadap produk meliputi (variasi, desain, ukuran, jenis bahan, warna dan motif). Penelitian ini bermanfaat untuk menambah sumber belajar atau informasi mengenai preferensi konsumen bagi Jurusan Teknologi Program Studi Tata Busana Industri, bagi Mahasiswa, bagi Peneliti dan bagi Pengusaha dan Produsen Bordir khususnya di wilayah Bangil Kabupaten Pasuruan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi minat konsumen pada produk Fath Bordir. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Fath Bordir sejumlah 70 konsumen. Teknik analisis data menggunakan accidental sampling. Uji validitasmenggunakan metode SPSS For Windoes 16.0untuk dapat mengukur hasil preferensi konsumen pada produk Fath Bordir di daerah Bangil.

Hasil penelitian diketahui bahwa preferensi konsumen produk Fath Bordir berada pada kategori peminat produk bordir pada mukena yang paling tinggi. Hasil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa (1) banyaknya konsumen Fath Bordir menyukai produk dengan bahan cotton, (2) tersedianya pilihan warna, (3) desain yang ditampilkan, (4) bordiran yang rapi, (5) motif yang dipilih yaitu motif alam.

Saran yang dapat disampaikan adalah (1)bagi Fath Bordir agar memenuhi kecenderungan pilihan konsumen harus selalu berinovasi terhadap motif dan desain untuk mengembangkan usahanya dan selalu menjadi pilihan konsumen, (2) bagi para peneliti selanjutnya sebagai pengumpulan data tambahan untuk observasi dan wawancara dengan topik yang sama sehingga data ini menjadi lebih lengkap.