SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Keputusan Pembelian Pakaian Jadi pada Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang

YENI NOVITASARI

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Novitasari, Yeni. 2017. Survei Keputusan Pembelian Pakaian Jadi pada Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd.,  (II) Nurul Hidayati, S.Pd., M.Sn.

Kata Kunci: Survei, Keputusan Pembelian, Pakaian Jadi, Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang

Mahasiswa Tata Busana adalah orang yang belajar di Perguruan Tinggi yang memiliki kemampuan dalam bidang busana. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, mayoritas mahasiswa Tata Busana memakai busana untuk kesempatan kuliah dari pembelian produk pakaian jadi. Kecenderungan membeli pakaian jadi tidak akan terjadi jika tidak ada pertimbangan yang mendasarinya.Oleh karena itu peneliti bertujuan ingin mengetahui dan mendeskripsikan pertimbangan yang mendasari mahasiswa memutuskan untuk membeli produk pakaian jadi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 125 mahasiswa dari angkatan 2013, 2014, 2015,dan 2016 dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup. Instrumen angket ini diuji menggunakan validitas isi (content validity), sedangkan uji reliabilitas menggunakan reliabilitas cronbach alpha.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Tata Busana dalam membeli produk pakaian jadi untuk kesempatan kuliah mempertimbangkan keempat pertimbangan tersebut karena tidak ada perbedaan yang signifikan,yaitu yang paling tinggi adalah (1) pertimbangan rasional, yaitu pertimbangan yang diperhitungkan oleh akal sehat, diikuti (2) pertimbangan emosional, yaitu terkait dengan pertimbangan yang dipengaruhi oleh perasaan emosional. Penelitian ini tidak dapat digeneralisasi pada populasi lain,karena penelitian ini hanya dilakukan pada empat angkatan mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Malang

Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah: Pertama, bagi konsumen produk pakaian jadi disarankan untuk tidak selalu mempertimbangkan pembelian atas dasar emosinya saja, sebaiknya memperhatikan pertimbangan berdasarkan manfaat yang diperoleh dalam membeli produk pakaian jadi,sehingga produk yang dibeli tersebut dapat memenuhi kebutuhannya. Kedua, bagi mahasiswa Tata Busana, sebaiknya mahasiswa dapat lebih mengatur waktunya supaya bisa meluangkan waktu untuk mengasah kemampuannya membuat busana dengan menjahit sendiri, sehingga dapat menghasilkan karya sendiri yang bisa dibanggakan, serta dapat lebih hemat dalam pengeluaran dan mampu melakukan pembelian sesuai kebutuhan yang lebih penting. Ketiga,bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini maka dapat disarankan dengan memperluas indikator lain yang dapat menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian pakaian jadi,serta dapat memperluas lingkup responden yang diteliti karena setiap populasi akan memiliki pertimbangan yang berbeda dalam memutuskan untuk membeli produk pakaian jadi.