SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tanggapan Guru Tata Busana SMK Se-Malang Raya Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Permutasi Bagian-Bagian Busana Pada Mata Pelajaran Desain Busana Tingkat XI

Amien Widianti

Abstrak


Media merupakan komponen penting dalam sebuah proses pembelajaran. Dengan penggunaan media dapat mempermudah guru dalam penyampaian informasi, serta dapat mempermudah siswa dalam menerima materi dalam proses pembelajaran, salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah multimedia interaktif. Multimedia interaktif merupakan media yang menggabungan unsur teks, suara, gambar, video, dan animasi dalam suatu kesatuan, multimedia ini juga dirancang supaya penggunanya dapat berinteraksi langsung dengan media. Multimedia interaktif  yang telah berhasil dikembangkanadalah media pembelajaran untuk materi bagian-bagian busana, yang dibuat olehAna Isro Iliani SP.d, media tersebut dikembangkan untuk mempermudah guru dalam penyampaian materi bagian-bagian busana, serta dapat membantu siswa dalam menunjang pembelajaran materi bagian busana yang cukup beragam. Dengan adanya multimedia tersebut diharapkan dapat mempermudah proses pembelajaran. Metode ceramah yang selama ini masih diterapkan dalam proses pembelajaran dapat berubah menjadi lebih efektif dengan menggunakan multimedia interatif. Menindak  lanjuti hasil pengembangan media tersebut, peneliti ingin mengetahui tanggapan guru tata busana terhadap penggunaan multimedia  interaktif permutasi  bagian-bagian  busana. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tanggapan guru tata busana terhadap penggunaan multimedia interaktif pada materi bagian-bagian busana di tingkat XI. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Se-Malang Raya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu guru tata busana pada SMK Se-Malang Raya yang sedang mengajar mata pelajaran desain busana. Sampel penelitian ini berjumlah 19 orang yang menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian tentang tanggapan guru Tata Busana terhadap penggunaan multimedia interaktif permutasi bagian-bagian busana pada mata pelajaran desain busana tingkat XI menunjukan bahwa guru tata busana menilai bahawa multimedia interaktif permutasi bagian- bagian busana merupakan media yang baik. Hal tersebut karena guru tata busana menilai bahwa multimedia interaktif pada pelajaran desain busana sesuai dengan kriteria media interaktif, dari segi kemudahan penggunaanya, kandungan isi materi yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa,penyajian materi dalam multimedia, integrasi media yang mengintegrasikan aspek kognitif, afektifdan psikomotor, tampilan secara artistik dan estetika yang dapat menarik minat belajar siswa, serta fungsi keseluruhan dari multimedia yang dapat menunjang pada saat proses belajar-mengajar. Hasil penelitian tentang tanggapan penggunaan multimedia berada pada klasifikasi setuju, karena multimedia interaktif tersebut merupakan media yang baik, sehingga proses belajar mengajar menjadi efektif. Saran yang diberikan pada penelitian ini yaitu hendaknya guru pengajar tetap mengawasi dan mendampingi proses pembelajaran serta sebaiknya disediakan fasilitas yang memadai untuk memperlancar proses pembelajaran.