SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tanggapan Konsumen Terhadap Produk Sepatu kulit "Praktis" Magetan Jawa Timur

Nur Ikhyak Afdholu Shoumah

Abstrak


Magetan merupakan daerah pengrajin kulit mulai dari bahan mentah hingga produk jadi siap pakai, salah satunya sepatu, sandal. Kerajinan sepatu dan sandal kulit merupakan produk unggulan di Magetan, di Magetan terdapat sentra-sentra produksi kerajinan sepatu dan sandal kulit, salah satunya perusahaan “Praktis”. Perusahaan “Praktis” merupakan pengrajin kulit di Magetan yang telah lama berdiri, produknyapun telah dikenal oleh konsumen dari berbagai daerah di Indonesia. Produk sepatu kulit “Praktis” merupakan produk sepatu kulit yang banyak dicari oleh konsumen karena kualitasnya.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tanggapan konsumen terhadap sepatu kulit “Praktis” di Kabupaten Magetan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang sedang berkunjung dan membeli produk sepatu kuli “Praktis”. Sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan terhadap responden yang secara kebetulan ditemui pada obyek penelitian selama observasi sedang berlangsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup, dengan jumlah pernyataan sebanyak 28 item terhadap 55 responden. Instrumen angket ini diuji validitas menggunakan validitas isi, sedangkan uji realibilitas menggunakan alpha cronbach.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena memiliki kualitas yang baik sesuai yang diinginkan konsumen. (2) sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena produk sepatu kulit “Praktis” memiliki banyak model pilihan untuk berbagai acara untuk berbagai usia. (3) sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena desainnya yang tidak ketinggalan jaman serta “Praktis” menerima pesanan sesuai desain yang diinginkan konsumen. (4) sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena memiliki ciri khas yang tidak dimiliki perusahaan lain. (5) sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena merk “Praktis” merupakan merk sepatu kulit yang cukup dikenal oleh konsumen. (6) sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena kemasan yang digunakan mudah untuk didaur ulang serta label yang digunakan memiliki ciri khas yang membedakannya dengan perusahaan lain. (7) sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena memiliki berbagai ukuran. (8) sebagian besar responden sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena memiliki harga yang dapat dijangkau berbagai macam kalangan. (9) sebagian besar responden sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena harga yang ditawarkan seuai dengan kualitas yang dihasilkan. (10) sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena harga yang ditawarkan sesuai dengan masa pakai produk. (11) sebagian besar responden memilih produk sepatu kulit “Praktis” karena memiliki harga yang berdaya saing dengan perusahaan lain.

Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah: (1) menjaga atau meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar konsumen tetap setia membeli produknya, (2) memproduksi ukuran sepatu yang lebih variatif, terutama untuk ukuran anak-anak agar minat konsumen untuk membeli semakin tinggi.(2)memberikan harga yang lebih bersaing dengan perusahaan lain agar minat konsumen untuk membeli semakin tinggi, (4) mencoba memasarkan produknya ke mancanegara dengan promosi melalui media cetak maupun elektronik karena konsumen telah menilai bahwa produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik