SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Profil Batik Tulis Celaket Khas Malang

nurul laili sofi

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Malang adalah salah satu daerah penghasil batik. Batik di kota Malang berkembang sangat pesat, salah satu nama batik yang terdapat di kota Malang adalah batik tulis Celaket yang terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto. Inspirasi pada pembuatan motif batik tulis Celaket adalah monumen tugu kota Malang, bunga teratai, topeng Malangan, lambang kebanggaan Arema, tanaman bunga dan buah, dan binatang. Motif yang terdapat pada batik tulis Celaket ini lebih banyak menggunakan arah vertikal dengan bentuk geometris. Zat warna yang digunakan adalah zat warna sintetis yang cenderung menghasilkan warna yang lebih cerah. Motif khas yang terdapat pada batik tulis Celaket adalah motif singo cor Malangan, dan warna khas dari batik tulis Celaket adalah warna-warna yang panas seperti warna merah sampai orange.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang profil batik yang mencakup motif dan makna yang terdapat pada batik tulis Celaket khas Malang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu motif dan makna batik tulis Celaket. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan adalah pemilik usaha batik tulis Celaket yaitu Ibu Ira, perupa Malang yaitu Bapak Yon Wahyuono, dan instruktur batik Malang yaitu Ibu Risdwi Soenoe. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data dengan tahapan (1) pengumpulan data, (2) reduksi dan penyajian data, (3) penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu Penciptaan ide atau inspirasi dalam pembuatan batik tulis lebih banyak berasal dari kota Malang itu sendiri. Pengembangan desain pada batik tulis Celaket ini juga memperhitungkan berbagai aspek yaitu susunan garis, bentuk, komposisi, dan warna yang sesuai. Warna-warna yang digunakan lebih banyak menggunakan warna-warna panas mulai dari merah hingga kuning, dan warna-warna kontras, begitu juga dengan struktur ornamen, struktur ornamen dalam pengembangan desainnya berupa bentuk figure yang menyeluruh dan utuh. Batik tulis Celaket tidak mempunyai makna yang terdapat pada masing-masing motif batiknya, melainkan makna secara keseluruhan yaitu makna keberanian yang diambil dari lambang pesepak bola Arema.

 

Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar pengrajin batik di batik tulis Celaket lebih mengembangkan inspirasi-inspirasi penciptaan motif batik tulis Celaket, dan lebih memperhatikan komponen-komponen dalam pembuatan desain yang serasi dan seimbang seperti penyesuaian bentuk dan ukuran. Diharapkan bagi pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan batik produksi lokal baik batik tulis celaket maupun batik lainnya yang ada di Malang. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan kajian lebih dalam perihal motif-motif yang lebih memperhitungkan komposisi didalam pembuatan desain motifnya.